KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#104 Never Ending Netherland

Leave a comment

Oleh Hafiz Al Asad

Mencari kalimat yang pas untuk mengidentifikasi Holland alias negeri Belanda, memang bukan perkara sulit, ada banyak kata dan kalimat yang cocok untuk kita sematkan ke negeri empat musim ini seperti Tulip, kincir angin, “Surga Dunia” dimana marijuana dijual bebas dan Red Area “terawat” dengan baik, serta tentu saja Kecil-Kecil Cabe Rawit. Kenapa kecil-kecil cabe rawit? Karena negeri mungil imyut dan chibi-chibi ini tidak henti-hentinya membuat dunia terpana dengan segala bentuk kreativitas dan inovasi berkesinambungan yang bersemi dari segala lini dan sektor seperti pendidikan, dunia kedokteran serta teknologi. Salah satu diantaranya adalah Smart Highway.

credit to roosegaarde

Sebagaimana namanya, Smart Highway merupakan sebuah produk eco-friendly terbaru besutan Daan Roosegaarde, pendiri lab Studio Roosegaarde, yang akan ditempatkan di jalanan tol di kota-kota negeri tersebut serta akan menawarkan sensasi terbaru bagi pengguna jalan  tol seperti Smart Safe and Simplicity.

Smart karena meski ia hanya sebuah produk, namun dapat mengumpulkan energy sendiri yang didapat dari sinar matahari lalu menyala saat malam hari. Safe karena ia dapat menunjukkan cuaca serta kondisi jalan melalui cahaya yang dipancarkannya di permukaan jalan dan secara otomatis akan memperingatkan pengendara untuk berhati-hati saat cuaca berada dibawah titik beku yang tentu sangat berguna untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Serta Simplicity karena produk yang akan mulai dibangun pada pertengahan 2013 ini juga berfungsi untuk menarik biaya tol secara elektronik tanpa harus antre lagi di gardu pintu tol yang biasanya bikin jengkel seperti di negeri tercinta—atau malang—ini.

credit to roosegaarde

Tidak hanya berhenti disitu saja, beberapa designer yang juga turut ambil bagian dalam pembangunan proyek tersebut mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya untuk menjadikan Smart Highway menjadi “Smarter Highway” melalui program inovasi tiada henti. Salah dua diantaranya adalah, pertama membuat lampu di atas jalanan tol yang dapat menyala secara otomatis saat ada kendaraan melintas, lalu secara otomatis pula, lampu tersebut akan mati saat tidak ada lalu lalang kendaraan. Hal serupa juga akan diterapkan pada lampu penanda di samping jalan yang mampu menyerap energy melalui hempasan angin yang didapat saat ada mobil melintas cepat. Terakhir adanya jalur prioritas yang dikhususkan bagi pengguna mobil elektronik. Bentuk magnetik yang berada di bawah jalan pada gilirannya dapat mentransfer energy kepada mobil yang melintas, sehingga pengguna mobil electric tidak lagi harus sibuk-sibuk dan susah-susah untuk mengecas dan mengecas lagi sebelum bepergian.

credit to roosegaarde

Duh, kalau sudah begini ceritanya, tidak mengherankan bukan jika kita menyebut negeri yang memiliki sejarah panjang dengan Indonesia ini dengan istilah “Never Ending Netherland”?. Lalu bagaimana dengan Indonesia? sepertinya kita harus menunggu beberapa tahun lagi—atau beberapa puluh tahun lagi—untuk dapat merasakan technology terbaru yang eco-friendly tersebut.

Referensi

http://www.popsci.com/cars/article/2012-10/how-dutch-designers-want-build-super-smart-highway
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-10/30/smart-highway-glows-in-the-dark
http://www.livescience.com/26088-dutch-smart-highway-netherlands.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s