KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#101 World’s First 3D-Printed Building

Leave a comment

Oleh Steven Enrico Nazario M

Mungkin ini adalah kelanjutan dari episode panjang yang menceritakan kepioneran Belanda.
ya! kali ini Belanda membuat 3D-printed building yang pertama di dunia. bayangkan saja sebuah rumah berbentuk Möbius Strip. alangkah luar biasanya. Möbius Strip sendiri adalah silinder yang hanya mempunyai 1 sisi.Ia di namakan seperti nama penemunya, yaitu Ahli Matematika dari Jerman pada abad 19 (tahun 1858), August Möbius.

Mobios Strip merupakan salah satu non orientable objects, karena yang hanya mempunyai satu sisi dan satu boundary component.

ini yang menjadi inspirasi seorang arsitek bernama Janjaap Ruijssenaars dari Amsterdam.

Ia berencana untuk membangun sebuah rumah berbentuk Möbius Strip menggunakan printer 3D terbesar di dunia & pertama di dunia yang disebut D-Shape.

Bayangkan saja printer raksasa berukuran rumah perlahan tapi pasti membangun lapis demi lapis bagian dari rumah. Akan berisi sekitar 1.100 meter persegi lantai dan akan banyak struktur bengkok di dalam bangunan ini. Menggunakan campuran batu giling dan pasir, yang dicampur dengan zat pengikat cair.

Satu permukaan dilipat kedalam, yang tak berujung. Lantai berubah menjadi langit-langit, dalam ke luar. Produksi dengan inovatif teknik cetak 3D.

BBC melaporkan bahwa biaya bangunan akan menjadi 5-6 juta Euro, dan Ruijssenaars berharap untuk memilikinya selesai pada akhir 2014.

Kabarnya Brasil telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi/membeli salinan landscape rumah untuk digunakan sebagai museum untuk artefak asli. Tidak seperti bangunan biasa yang dibangun dari kayu dan bahan lainnya, rumah 3D dicetak bukanlah “pemborosan energi.”

Dan kita bisa melihat teknologi yang sama yang digunakan untuk membangun basis dan alat untuk astronot di bulan di masa depan. sungguh menakjubkan! ya, itu kata yang tepat bagaimana menggambarkan kepioneran Belanda.

“There has to be this pioneer, the individual who has the courage, the ambition to overcome the obstacles that always develop when one tries to do something worthwhile, especially when it is new and different”
-Alfred P Sloan

“Harus ada seorang pelopor, individu yang memiliki keberanian & ambisi untuk mengatasi kendala yang selalu berkembang ketika seseorang mencoba untuk melakukan sesuatu yang berharga, terutama ketika itu baru dan berbeda.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/D-Shape
http://en.wikipedia.org/wiki/M%C3%B6bius_strip
http://www.bbc.co.uk/news/technology-21121061
http://news.cnet.com/8301-11386_3-57565073-76/3d-printer-to-carve-out-worlds-first-full-size-building/
http://www.wired.co.uk/news/archive/2013-01/24/dutch-architect-3d-printed-house
video

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s