KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#100 Penemu Kapal Selam Berasal dari Belanda

Leave a comment

Oleh Alek Kurniawan

Banyak piooner asal negeri tulip Belanda yang menemukan benda-benda dan alat transportasi yang digunakan dan bahkan popular di zaman ini. Seperti contohnya adalah penemuan dari Cornelis Jacobsz Drebbel yang berhasil membuat kapal selam pertama pada tahun 1620, Hans Lippershey yang pertama kali menciptakan dan menyebarkan desain teleskop yang praktis sekitar tahun 1608, Zacharias Janssen yang pada tahun 1590 dengan ayahnya menciptakan mikroskop yang menggunakan lensa cekung dan cembung untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, ada juga Anthony Van Leuwenhook dengan julukannya ‘Bapak Mikrobiologi’ yang berhasil menemukan lensa untuk mikroskop dan berhasil membuat sekitar 200 mikroskop dengan perbesaran yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi penemu asal Belanda yang lainnya.

Saya sangat terkesan dengan penemuan kapal selam. Bagaimana mungkin Cornelis Jacobsz Drebbel pada saat itu berhasil membuat kapal selam dan bagaimana prosesnya?  Kalau begitu mari kita berkenalan lebih dekat dengan salah satu pioneer asal Belanda ini.

Cornelis Jacobsz Drebbel lahir di Alkmaar, Belanda pada tahun 1572. Pada tahun 1595 ia menikah dengan Sophia Jansdochter Goltzius. Mereka memiliki 4 orang anak. Drebbel adalah seorang inovator yang berkontribusi terhadap pengembangan sistem pengukuran dan kontrol, optik dan kimia. Drebbel dan keluarganya pindah ke Inggris pada tahun 1604 atas undangan raja Inggris pada saat itu, James I. Beliau juga sempat pindah ke kota Praha, Ceko pada tahun 1610. Tetapi beliau kembali ke Inggris lagi pada tahun 1612 sampai beliau wafat di London pada 7 November 1633. Hasil penemuan Drebbel yang paling terkenal adalah kapal selam.

Kapal selam model ketiga Drebbel

Drebbel bukan orang yang pertama yang berencana membuat kapal selam. Sebelumnya Leonardo da Vinci (1452-1519) pernah membuat sketsa kapal selam. Lalu William Bourne merancang rencana pembuatan kapal tersebut pada tahun 1578. Tetapi Drebbel lah yang akhirnya bisa membuat kapal selam pertama pada tahun 1620. Beliau menggunakan desain dari William Bourne. Lalu antara tahun 1620 dan 1624 Drebbel berhasil membangun dan menguji dua kapal selam lagi, masing-masing lebih besar dari yang terakhir. Model terakhir yang dibuat van Drebbel mempunyai enam dayung dan dapat menampung 16 penumpang. Kapal itu dapat menyelam selama tiga jam dan belayar hingga 12-15 kaki di bawah permukaan air dengan kecepatan sekitar 18 km/jam. Kapal selam tersebut dibuat hidrodinamik. Hidrodinamik dapat mengurangi hambatan ketika tenggelam.

Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Cornelis_Drebbel
http://unikboss.blogspot.com/2010/09/cornelius-van-drebbel-penemu-kapal.html
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fe/Van_Drebbel.jpg
http://www.gameo.org/encyclopedia/images/Cornelius-drebbel.jpg

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s