KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#097 Saking Kreatifnya Derek Tua Disulap Jadi Hotel

1 Comment

Oleh Putri Agustina

Ada-ada saja ide unik dari pasangan suami istri Carla Comello dan Willem Koornstra. Mereka menyulap alat derek (crane) yang dulunya digunakan untuk memidahkan kontainer, peti kemas, dan barang-barang berat lainnya di pelabuhan Harlingen tahun 1960 menjadi sebuah hotel yang sensasional.

Harbour Crane Hotel namanya. Hotel tersebut terletak di tepi laut Harlingen, bagian utara Belanda. Kira-kira menempuh waktu perjalanan sekitar satu jam dari Amsterdam.

Awalnya alat derek tersebut ingin dihancurkan karena usianya sudah tua dan nilai gunanya sudah berkurang. Namun namanya juga orang Belanda ya, muncul saja ide kreatif yang lebih bermanfaat dan menguntungkan. Hal ini tentu dapat menginspirasi masyarakat lainnya yang belum memiliki ide untuk mendaur ulang alat berat yang kerap menjadi rongsokan, betapa pioneer-nya Carla dan Willem.

Pada bagian luar, hotel masih mempertahankan bentuk aslinya. Menjulang tinggi sekitar 17 meter di atas, pemandangan luar biasa dari ketinggian kamar hotel bisa diakses tamu dengan lift modern. Semua fungsi crane masih dapat dijalankan dengan normal sehingga bisa dicoba secara langsung oleh tamu. Bagian dalam mesin tua tersebut disulap menjadi kamar tidur yang didekorasi dengan interior mewah bak hotel berbintang. Kamar dilengkapi dengan pengatur suhu yang dikontrol oleh komputer, lampu berteknologi canggih, tempat tidur berukuran king size yang nyaman, TV layar datar, kamar mandi, dan akses elevator. Wow keren sekali.

Sensasi dahsyat yang didapat dari hotel ini antara lain kamar hotel ini bisa diputar sendiri oleh penghuninya hingga 360 derajat. Jadi penghuni kamar dapat memilih suasana tertentu yang ingin dilihat dari kamarnya dengan memutar crane. Kemampuan kamar untuk berputar itu membuat tamu dapat menikmati panorama luar biasa secara menyeluruh dari Laut Wadden. Jika berada di atas laut seakan-akan tamu sedang mengambang di atas air.

Hanya orang beruntung yang dapat menikmati sensasi Harbour Crane Hotel ini karena ruangan hanya bisa direservasi untuk satu pemesan (memuat dua orang). Semoga kita menjadi orang yang beruntung tersebut^^.

Referensi

http://hotelunik.blogspot.com/2012/06/crane-hotel-belanda.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#097 Saking Kreatifnya Derek Tua Disulap Jadi Hotel

  1. Terima kasih admin Kompetiblog 2013 sudah diposting^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s