KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#093 Di Dalam Setiap Kekurangan, Terdapat Kelebihannya

1 Comment

Oleh Adibtya Asyhari

Apabila anda ditanya, manakah yang merupakan negara terkaya di dunia? Sebagian mungkin menjawab Amerika Serikat, sebagian lagi mungkin akan menjawab Inggris, atau bahkan mungkin China. Anda dapat berkata demikian karena negara-negara tersebut memiliki perekonomian yang berkembang dengan pesat, produk-produk perdagangan mereka dapat ditemui di hampir semua negara, dan negara-negara tersebut menguasai perekonomian dunia. Ya, memang hal itulah yang terjadi. Ketiga negara tersebut adalah negara adidaya dalam bidang perekonomian. Akan tetapi apabila anda ditanya lebih jauh, negara manakah yang merintis globalisasi dalam bidang perekonomian? Anda mungkin tak akan percaya, BELANDA lah jawabannya.

Perekonomian dunia

Globalisasi dalam dunia perekonomian diawali dalam usaha bangsa-bangsa Eropa dalam pencarian rempah-rempah yang merupakan komoditi perdagangan utama pada abad ke-17. Pada masa itu, terjadi persaingan sengit di antara bangsa Portugis, Spanyol kemudian juga Inggris, Perancis dan Belanda, untuk memperebutkan kuasa perdagangan di Asia Timur, yang merupakan tempat asal rempah-rempah. Guna mengatasi persaingan dagang dengan negara lain dan meningkatkan kerja sama antar pedagang Belanda, pemerintah Belanda membentuk sebuah organisasi dagang yang bernama VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie).

Ekspansi Perekonomian Belanda oleh VOC

VOC yang didirikan pada 20 Maret 1602 adalah perusahaan multinasional pertama di dunia. Perusahaan dagang ini diberi mandat oleh Belanda untuk melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah di Asia bagian timur. Perusahaan ini juga dianggap merupakan perusahaan pertama yang menerapkan pembagian saham. Bursa Saham Amsterdam, yang juga didirikan oleh VOC pada tahun 1602 merupakan bursa saham yang pertama di dunia. Jadi pasar saham yang selama ini kita kenal sebenarnya merupakan ide dari bangsa Belanda untuk mengembangkan perekonomiannya.

Bursa Efek Amsterdam (1602)

Selain itu, Belanda juga merupakan negara pertama yang menerapkan prinsip perdagangan bebas. Pada tahun 1609, seorang filsufBelanda Hugo Grotius, yang dikenal sebagai pionir dari pandangan modern tentang hukum internasional, menerbitkan sebuah buku yang berjudul Mare Liberum (Laut Bebas).

Mare Liberum Karangan Hugo Grotius

Di dalam buku inilah, Hugo Grotius menuliskan sebuah prinsip baru bahwa lautan adalah sebuah teritori internasional dan semua negara bebas menggunakannya untuk perdagangan. Meskipun terjadi kontroversi tentang pendapat ini, pemerintah Belanda mendukung prinsip tersebut dan menggunakannya sebagai landasan untuk perdagangan bebas.

Pelabuhan Rotterdam, Salah Satu Pusat Ekonomi Belanda

 Dari beragam uraian di atas, jelas bahwa Belanda merupakan pionir dalam kemajuan perekonomian internasional. Pembentukan VOC sebagai perusahaan multinasional pertama menjadi panutan untuk berdirinya perusahaan serupa di masa-masa selanjutnya, gagasan bangsa Belanda tentang pembagian saham menjadi awal dari berkembangnya pasar saham, dan pendapat Hugo Grotius tentang laut bebas dalam Mare Liberum  menjadi cikal bakal dari hukum perdagangan internasional.

Apabila dipikirkan, rasanya tidak mungin negara sekecil Belanda dapat menguasai perekonomian dunia. Sebagai perbandingan, negara kita memiliki wilayah hampir 50 kali lebih luas dengan sumberdaya yang berlimpah ruah. Akan tetapi Belanda dengan beragam keterbatasannya mampu memulai globalisasi dalam dunia perekonomian melalui jiwa-jiwa pionernya. Kerajaan ini telah menjadi penguasa ekonomi dan penjelajah laut yang mahir pada abad ke-17. Janganlah jadikan keterbatasan halangan untuk memulai sesuatu yang baru. Segalanya mungkin, karena seperti pepatah Belanda “leder Nadeel, heb z’n voordeel” (di dalam setiap kekurangan, terdapat kelebihannya).

“Look Forward and Be A Pioneer!”

 Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
https://id.wikipedia.org/wiki/Vereenigde_Oostindische_Compagnie
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dutch_inventions_and_discoveries
http://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_East_India_Company
http://en.wikipedia.org/wiki/Mare_Liberum

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

One thought on “#093 Di Dalam Setiap Kekurangan, Terdapat Kelebihannya

  1. kelebihan dan kekurangan belanda terhadap rempah rempah ????
    jawab donk …. penting banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s