KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#092 Green Inovation

Leave a comment

Oleh Astutik

Belanda? Apa yang terlintas dalam pikiran kalian atau apa yang ada dalam bayangan, angan-angan kalian ketika membaca “Belanda” di awal kalimat artikel yang saya tulis ini.

Ya seperti yang telah kalian ketahui Belanda adalah salah satu negara yang pernah menjajah negeri kita “Indonesia” lebih kurang selama 350 tahun. Selain itu Belanda juga terkenal akan konstruksi bangunan-bangunan bendungannya, arsitektur, kincir angin, penghasil keju dan bunga tulip yang indah.

Belanda disebut dengan nama Netherlands yang artinya tanah rendah. Seperempat wilayah Belanda berada di bawah permukaan air laut.

Meski sudah memiliki sistem dalam mengelola perairan sudah sangat canggih dan modern, air masih tetap saja menjadi musuh bebuyutan yang utama bagi bangsa Belanda. Ditambah lagi dengan masalah global warming sehingga suhu rata-rata di bumi menjadi naik sangat panas dan membuat mencairnya gletser di tempat seperti Alaska, Greenland, Antartika, Patagonia. Menurut Laporan Penilaian Keempat Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dirilis pada tahun 2007, tingkat rata-rata permukaan laut global diperkirakan meningkat antara 18 dan 59 cm pada tahun 2100.

Dihadapkan dengan berbagai masalah seperti ini, apa iya bangsa Belanda akan diam saja? Melihat wilayahnya sedikit demi sedikit tenggelam karena ketinggian air yang terus bertambah naik. Tentu saja jawabannya bangsa Belanda tidak akan tinggal diam. Sumber dari http://butikrumah.com/the-citadel-floating-apartment-apung-pertama-di-dunia/ The Citadel dirancang oleh arsitek asli keturunan Belanda dan tinggal di Belanda yaitu Koen Olthuis, The Citadel merupakan apartemen apung pertama di dunia. Koen membuat apartemen ini dengan tujuan sebagai persiapan tempat tinggal masa depan ketika daratan sudah menghilang.

 

Koen menggunakan konsep menyatu dengan alam dan hunian ramah lingkungan yaitu dengan memanfaatkan air sebagai sumber pendingin alami ruangan jadi bisa menghemat energi listrik, disediakan pula solar panel untuk memperoleh dan mengolah panas matahari  menjadi energi listrik alami, tak lupa pula ditanami berbagai tanaman sebagai sumber tempat penghijauan.

Ya memang Belanda memiliki penduduk yang kreatif-kreatif dan pionir di bidangnya yang telah terkenal di seluruh penjuru dunia. Mereka selalu bergerak dengan cepat dan ingin melangkah lebih maju dan terkemuka daripada yang lain. Tidak hanya ingin jadi yang terdepan, tetapi juga sebagai pelopor untuk perubahan masa depan.

Pesatnya perkembangan Belanda di dunia industri, tak membuat mereka lupa untuk menjaga dan melestarikan lingkungannya, mereka tetap berusaha untuk selalu menyeleraskan, menyerasikan, dan menyeimbangkan dengan alam. Kebiasaan orang Belanda yaitu mereka suka beraktivitas dengan sepeda. Bahkan mereka bersepeda dengan hewan peliharaannya.

Dan sepeda dijadikan sebagai alat transportasi umum baik di desa maupun di kota, ini bisa jadi bukti kalau orang-orang Belanda begitu peduli dengan alam sekitar tempat tinggal mereka. Ya, meski wilayah negara Belanda itu tak seluas seperti negara Indonesia, tetapi mereka tetap dapat memanfaatkan seoptimal mungkin dan membuat tata kota yang begitu cantik. Tak heran jika ada begitu banyak turis yang berminat untuk melakukan wisata di negeri tulip ini.

   

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s