KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#091 AKI Kunci Belanda

14 Comments

Oleh Astutik 

Sebenarnya, apa sih yang membuat Belanda bisa menjadi negara semaju dan semodern seperti saat ini? Mengapa Belanda bisa menjadi negara maju yang berkembang dengan pesatnya? Lalu apakah yang membedakan antara orang-orang Indonesia dengan orang-orang Belanda? Kita sama-sama manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang tumbuh, berkembang, bergerak, bernafas, membutuhkan makan dan minum. Lalu apakah yang membedakannya?

Nah, pertanyaan-pertanyaan inilah yang muncul. Untuk dapat menjawab semua pertanyaan ini, mari kita telusuri lebih jauh dan mendalam. Dengan menganalisis, membaca referensi dari berbagai sumber, maka dapat ditarik kesimpulan The Keys of Dutch Pioneering is AKI (Aktif + Kreatif + Inovatif).

1. A = Aktif

Nothing impossible itulah kiranya kata yang tepat untuk bangsa Belanda. Tak pernah merasa puas dengan apa yang telah mereka capai. Mereka selalu aktif berusaha untuk menemukan suatu hal yang baru. Ide unik yang fresh dan dunia dibuat terpukau akan hasil dari penemuan terbaru tersebut.

Orang-orang Belanda selalu memiliki motivasi agar bisa jadi yang terdepan, selangkah lebih maju daripada yang lain. Karena karakteristik orang Belanda adalah bersifat optimis, pekerja keras, tepat waktu, dan jika berjanji maka janjinya itu akan ditepati.

2. K = Kreatif

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan di Negeri Kincir Angin ini? Ya, sistem pendidikan yang diterapkan bangsa Belanda yaitu dengan menggunakan pendekatan interaktif yang berpusat pada siswa. Dimana siswa itu diajak untuk berpikir kritis, ditantang untuk turut serta berpatisipasi, dan harus melakukan kerja sama dalam tim untuk berdiskusi, bekerja sama serta banyak belajar dari sesama rekan antar satu dengan yang lainnya. Jadi, secara tidak langsung siswa juga dilatih untuk mandiri, berani mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain, dan berdisiplin.

Dari diskusi itulah, dapat menghasilkan suatu penemuan dan ide-ide baru yang unik, fresh, inovatif, dan kreatif. Serta bagi diri sendiri, hal ini sangat menguntungkan bagi kita karena bermanfaat sekali untuk pengembangan wawasan dan pola pikir kita secara global.

 3. I = Inovatif

“Dispereetniet!” Yang dalam bahasa Indonesia artinya “tidak pernah menyerah”. Kata-kata itu bak mantera magis bagi orang Belanda yang dipegang teguh untuk membentuk sikap dan mental warga negaranya.

Saat kolonisasi sedang berlangsung, Belanda memunculkan berbagai kreasi dan inovasi terbaru. Diantaranya adalah Water Leiding, Grachten, Molenvliet, De ondergrondse stad, Stadhuis, Bastion Culemborg, rel kereta api, Donker Got, dan berbagai pembaharuan lainnya membentuk suatu rangkaian sebagai faktor penunjang dalam pelegitimasian kekuasaan. Dan hal ini rupanya cukup berpengaruh dalam pendirian sekolah khusus anak Eropa di Nusantara.

Demikianlah penjelasan dari AKI. Hubungan dari ketiga hal inilah merupakan kunci rahasia kesuksesan dari kepioniran orang-orang Belanda.

Jika bangsa Belanda sukses dengan cara-cara ini. Bagaimana dengan kita bangsa Indonesia? Dengan menerapkan pula hal ini di negeri Indonesia. Tentunya dengan melakukan sedikit perubahan, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di Indonesia. MENUJU PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK LAGI.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

14 thoughts on “#091 AKI Kunci Belanda

  1. Good job..
    Tetap berkarya..

  2. terima kasih. semangat untuk terus menghasilkan karya-karya yang cemerlang

  3. Artikel baguz. Lanjutkan berkarya ^^

  4. It nice information , Make to interest and easy to understand .

  5. bagus karyanya, tapi susah menerapkan ke warga indo yang penduduknya sangat padat,
    teruskan berkarya,,

  6. like this… klo indonesia meniru budaya positiv ini indonesia akan lbh baek.

    • Semoga dapat direalisasikan dengan baik di negara Indonesia. Kita banyak memperoleh pelajaran berharga dari negara Belanda.

  7. Interest you work🙂
    Keep spirit for the next article .🙂

  8. good job ,, i wait to see next article.

  9. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s