KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#090 Holland Super Changes : The Superbus

9 Comments

Oleh Hafsah

Jadilah perubahan yang ingin kamu saksikan di dunia. Hadirkan perubahan yang kamu harapkan dengan mengusahakan perubahan itu olehmu sendiri. Lakukan dan wujudkanlah.

Adalah Dr.Wubbo Ockels, astronot pertama Belanda, pilot dan profesor Aerospace Sustainable Engineering and Technology Belanda, seorang optimis yang memiliki antusiasme tinggi menciptakan perubahan untuk bumi.

Perjalanan ruang angkasa telah merubah perspektif Ockels1. Ia menyadari bahwa bumi tidak lebih dari bola kecil yang melayang di angkasa. Begitu rapuh dengan lapisan tipis menyelimutinya. Ockles terpanggil  menggunakan semua potensinya untuk membuat kondisi bumi sebaik mungkin. Tapi apa?

Ketika terjebak di kereta api dari Amsterdam menuju Groningen, Ockels mulai memikirkan alternatif untuk sistem usang transportasi publik negaranya1.  Ia merasa kereta api ataupun bus masih terlalu lambat dan terbatas pada tujuan tertentu. Belum lagi polusi yang dihasilkan dan jarak yang harus ditempuh untuk menuju stasiun ataupun halte.

Ockels memimpikan moda angkutan yang nyaman, nol emisi bahkan mewah jika memungkinkan. Berfikir keras.

Dan terlahirlah The Superbus.(lihat video)2

 

Nyaman. Inilah kendaraan senyaman jet pribadi dengan 800 tenaga kuda3. Mengintegrasikan teknologi otomotif berkecepatan tinggi dengan teknologi teknik aerospace, membuat Superbus  mampu melaju hingga 250 km/jam1. Perjalanan Dubai–Abu Dhabi (75 mil), bisa ditempuhnya dengan 30 menit saja4!

Superbus menawarkan kenyamanan dari mulai depan pintu rumah sampai ke tujuan. Dengan central routing optimization system penumpang cukup mendaftar dan memesan melalui SMS (lihat animasinya disini)5.

Sustainable. Mesinnya menggunakan baterai lithium polymer yang rechargeable6. Dengan sumber tenaga listrik, Superbus tidak menghasilkan emisi. Selain itu, konstruksi yang ringan (terbuat dari aluminium, serat karbon, fiberglass dan poli karbonat)6, membuat Superbus menjadi moda aman dari kecelakaan dan sangat minim konsumsi energi.

Superbus dapat dikendarai di jalan biasa dengan kecepatan normal, meskipun akan lebih efisien jika bermanuver di jalur terpisah1. Di Belanda sendiri, kendaraan ini berjalan pada jalur khusus: Super Lanes’  yang dilengkapi dengan pemanas bumi untuk melumerkan salju di musim dingin7.

Mewah. Kendaraan futuristik sepanjang 15 meter ini menyediakan tempat duduk untuk 23 penumpang dan 16 pintu gullwing-style6. Dilengkapi dengan sistem navigasi, deteksi hambatan (obstacle detection), sistem komunikasi, fail safe system, control system, desain interior ergonomis dan juga fasilitas multimedia untuk tiap-tiap penumpang (Wi-Fi,TV dll)6. Sesekali, pengemudi pun dapat mengandalkan asisten cerdas Superbus: “Driver assisted controlled”  dan Autopilot6.

Superbus relatif tidak mahal. Hadir dengan tarif yang setara dengan harga transportasi umum yang ada saat ini6. Superbus telah melenggang ke berbagai negara dan menjadi pionir inovasi moda masal darat yang amat revolusioner.

Ockels puas menyaksikan mimpinya menjelma menjadi kenyataan. Di usianya yang ke 62, perubahan yang dia inginkan dapat dia saksikan di bumi, si bola kecil yang melayang di angkasa. Ockles menaruh harapan besar pada generasi muda penerusnya. Karena Ockles yakin bahwa generasi muda adalah generasi  yang bisa menciptakan perubahan.

Baginya, memelihara kehidupan bumi, tidak bisa hanya berdiam atau hanya berdoa meminta mujizat Tuhan diturunkan. Tapi bergeraklah, bergerak menciptakan perubahan. Inovasi teknologi, prinsip keberlanjutan lingkungan dan semangat generasi muda dapat memuluskan mujizat itu hadir untuk kehidupan.

Jadikan antusiasme Ockles sebagai inspirasi untuk segera bergerak membuat perubahan nyata bagi kehidupan di sekitar kita. Karena siapa tau, kitalah yang akan menjadi pionir perubahan super berikutnya.

Referensi

  1. Wubbo Ockels: “Some people believe in God; I believe in innovative technology, sustainability and youth.” Link : http://www.holland.com/global/meetings/article/wubbo-ockels-some-people-believe-in-god-i-believe-in-innovative-technology-sustainability-and-youth..htm
  2. You Tube : Superbus, a bus crossed with a race car. Link : http://www.youtube.com/watch?feature=endscreen&v=HXRk82kOSl4&NR=1
  3. The 800 hp Dutch Superbus Project. Link : http://www.car-addicts.com/car-types/concept-cars/800-hp-dutch-superbus-project
  4. Room for one more? World’s first ‘super bus’ can take 23 passengers but looks more like a Lamborghini (and boasts a top speed of 155mph). Link : http://www.dailymail.co.uk/news/article-2045058/Super-bus-takes-23-passengers-travels-155mph.html
  5. Environment frindly Superbus built bey Delft University of Technology, Netherlands Link : http://www.youtube.com/watch?v=jBkC08JEz_w
  6. Concept. Superbus Project. Link : http://www.superbusproject.com/concept
  7. Superbus (transport). Link : http://en.wikipedia.org/wiki/Superbus_(transport)

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

9 thoughts on “#090 Holland Super Changes : The Superbus

  1. “Baginya, memelihara kehidupan bumi, tidak bisa hanya berdiam atau hanya berdoa meminta mujizat Tuhan diturunkan. Tapi bergeraklah, bergerak menciptakan perubahan.”..

    like this sangat..

    thanks buat infonya..

  2. Saya suka bagian mesinnya yang menggunakan tenaga listrik, bukti betapa majunya pemikiran org Belanda (teknologi dan sustainable-nya itu)

  3. How sustainable vehicle yup!🙂

  4. Sustainable. Mesinnya menggunakan baterai lithium polymer yang rechargeable6. Dengan sumber tenaga listrik, Superbus tidak menghasilkan emisi. Wow keren😉
    Good information😉

  5. Suka article ini, sgt innovative😉

  6. naik public transportation berasa naik limosin yah…yup, kenyamanan yg luar biasa bertransportasi umum…cepat dan sustainable…informasi yang kereeeennn…pemerintah kita kudu tau ini!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s