KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#089 Formula Anti Ribet ala Holland

12 Comments

Oleh Hafsah

Masih ingat dengan salah satu formula fisika ini?

“Ep=m.g.h” adalah rumus untuk menghitung besar nilai potensial dari suatu benda diam. Ep merupakan Energi Potensial, hasil kali antara M-massa, G-gravitasi dan H-height/ketinggian.

Semua benda memiliki Energi Potensial yang tersimpan didalamnya. Begitu juga manusia. Bedanya, angka potensial manusia jika dihitung nilainya akan menghasilkan angka nol sampai tak hingga. Dan Dutch, begitu mereka disebut, ialah orang-orang yang sadar akan potensinya dan berhasil mengaplikasikan formula ini untuk mengeksplorasi  diri mereka mencapai titik tak terbatas menjadi pionir kesuksesan di segala bidang.

Dalam pengaplikasiannya, menjadi pionir sukses bukan berarti menambah bobot tubuh(m) ataupun melawan gravitasi(g) melompat dari ketinggian(h). Tapi, oleh mereka, formula ini dianggap sebagai  Elements of Pioneer (EP) yang wajib hukumnya untuk mereka miliki. Elemen-elemen tersebut terdiri dari Modificate,Genius dan Hardwork.

Melakukan perubahan (Modificate). Merubah sesuatu menjadi bernilai lebih adalah syarat penting seorang pionir. Dan hanya perubahan yang didasari pemikiran jeniuslah yang dapat membawa kita pada perubahan positif.

Kejeniusan (Genius) adalah inti dari intelektual dan sayap pemikiran, selalu berada selangkah di depan, dan menjadi pionir untuk generasi mendatang. Namun, kejeniusan tak berarti apa-apa jika tanpa disertai kerja keras.

Kerja Keras (Hard work) dibutuhkan untuk mengakomodir kejeniusan menjadi suatu penemuan menarik.

 

Hasrat membuat perubahan ke arah lebih baik dengan intelektualitas dan kerja keras  adalah elemen berharga yang mengisi jiwa-jiwa generasi pionir di negara dengan hunian ternyaman ke-8 dunia ini1.

Bicara soal kenyamanan, disini pulalah generasi-generasi  anti ribet dilahirkan. Mereka senantiasa mendambakan kenyamanan hadir disekeliling mereka. Tidak berdiam menunggu kenyamanan itu datang, tapi mereka berfikir bagaimana caranya untuk menciptakan kenyamanan itu sendiri.

Dr.Catarina Esteves2, Jebolan Eindhoven University of Technology ini adalah salah satu pencipta kenyamanan yang melahirkan teknologi praktis (anti ribet).

 

Dalih merasakan repotnya melakukan rutinitas mencuci kendaraan, Catarina menciptakan self-cleaning cars”. Kendaraan pintar yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Dengan aplikasi nanotechnology (teknologi  materi dalam skala atom)3, lapisan permukaan kendaraan menjadi sangat kedap air (waterproof), tak mudah ditempeli kotoran dan menjaga warna kendaraan tetap terlihat awet4.  Berikut petikan wawancaranya(video)5.

Lapisan ini juga memungkinkan permukaan kendaraan untuk “memperbaiki sendiri” jika kendaraan tergores dangkal6. Karena, selain membersihan diri, teknologi nano ini pun bersifat self-repairing.  Adanya gabungan dua teknologi ini (self cleaning dan self repairing) membuat penemuan ini semakin mengagumkan.

Atas hasil pemikirannya ini Catarina meraih penghargaan bergengsi Creativity Award Coatings Science International 20107. Dan juga penghargaan prestasi akademik (Academic Merit Award 2012)8 dari Instituto De Teknologia Quimica E Biologica dengan tambahan hadiah sejumlah uang.

Inovasi Catarina menarik minat sektor industri. Saat ini teknologi praktis Catarina ini mulai dikembangkan baik dalam atau luar negeri untuk diproduksi dan dipasarkan ke khalayak. Penemuan ini seakan melegakan sesak mereka yang selama ini sering direpotkan dengan rutinitas mencuci kendaraan.

Catarina bukan penemu kendaraan. Tapi di tanganya, kendaraan bisa menjadi sangat berbeda dan bernilai lebih. Dengan mengaplikasikan formula Ep=mgh, Catarina berhasil menjadi pionir pencipta teknologi praktis.

Akhirnya, Belanda membuktikan, bahwa formula Ep=mgh, berani melakukan perubahan (Modificate) dengan mengembangkan pemikiran jenius (Genius) dan kerja  keras (Hard work) adalah formula ampuh menggali potensi diri menjadi pionir sukses di berbagai bidang. Salah satunya: Bidang Teknologi Anti Ribet.🙂

Referensi

  1. The Netherlands is in the Top Ten Countries to Live in Worldwide. 2012. Link : http://www.nfia.nl/nl_news/304/The-Netherlands-is-in-the-Top-Ten-Countries-to-Live-in-Worldwide.html
  2. Dr Catarina Esteves. Link : http://www.euchems.eu/index.php?id=376&no_cache=1&tx_wfqbe_pi1%5Bdetailsid%5D=905
  3. Nanotechnologi. Link : http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology
  4. You may never need to wash your car again thanks to new coating technology. 2012. Link : http://www.tue.nl/en/university/news-and-press/news/you-may-never-need-to-wash-your-car-again-thanks-to-new-coating-technology/
  5. You Tube 18 Juli 2012. Wetenschappers TUe bedenken zelfreparerende coating. Link : http://www.youtube.com/watch?v=eCspgDQQH6o
  6. Researchers develop self-cleaning vehicles with new coating technology. 2012. Link : http://www.worldofchemicals.com/media/researchers-develop-self-cleaning-vehicles-with-new-coating-technology/3694.html
  7. Coatings Science International 2013. COSI Award. Link : http://www.coatings-science.com/history/awards.html
  8. For research work developed at ITQB. 2012. Link : http://www.itqb.unl.pt/news/academic-merit-award

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

12 thoughts on “#089 Formula Anti Ribet ala Holland

  1. Akhirnya muncul juga artikelmu Hafsah!🙂
    Baru tau ada orang Belanda yang menemukan pelapis kendaraan yang bisa membersihkan dan memperbaiki diri sendiri… Keren banget Belanda!
    Good article and good luck Hafsah!😉

  2. Waaaaw,,, mudah2an generasi indonesia jg ngga kalah semangat ya untuk mengaplikasikan rumus mgh nya… Tulisannya sangat menginspirasi hafsah..🙂 smoga menang ya,,, bagus bgt.

  3. Ga usah nyuci mobil? Luar biasa, cocok sekali untuk orang rajin seperti saya

    Artikelnya lucu..hihihi
    Wish u luck🙂

  4. Ck.ck.ck.ck…pemikirannya jauh kedepan yaaaaak

  5. Esteves org belanda ya? Bru tahu….wow aq suka artikel ini..seandainya semua alat bs membersihkan drnya sendiri😀

  6. Wow innovative sekali, sy suka penemuan ini, semoga saja terjangkau dikantong🙂

  7. self cleaning and self repairing…wow how innovative!!!bisa menghemat waktu n pengeluaran cuci mobil or service nih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s