KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#084 Orang Lain Melihat Jalan Raya, Orang Belanda Melihat Sumber Energi

Leave a comment

Oleh Woka Aditama

Apa yang orang-orang pikirkan saat melihat jalan raya? Kemacetan, Kendaraan,atau mungkin Aspal? Hal-hal itu adalah analogi yang umum dikaitkan dengan jalan raya di berbagai negara. Tapi tidak di Belanda. Dalam beberapa tahun kedepan, jalanan di Belanda akan lebih sering dianalogikan sebagai  penghasil energi listrik bagi negara ini. Loh, kok bisa sih? Yups, ini semua berkat inovasi yang dinamakan SolaRoad.

Konsep SolaRoad

SolaRoad diprakasai oleh perusahaan asal Belanda  yaitu TNO Companies, bekerja sama  dengan Ooms Avenhorn Groep, Imtech  dan juga pemerintah  provinsi Noord-Holland pada tahun 2010. SolaRoad adalah konsep teknologi yang mampu mengkonversi energi matahari (Solar Energy) menjadi energi listrik, dimana panel surya diaplikasikan pada jalan-jalan yang ada saat ini. Menurut penilitian TNO, jalan sepanjang 137.000 Km yang terdapat di Belanda yang disinari oleh sinar matahari, memiliki kemampuan untuk menyimpan potensi energi listrik sebesar 50 Kwh per meter-nya. Sayang, energi yang besar ini belum dimanfaatkan hingga akhirnya, muncul konsep SolaRoad ini untuk memanfaatkan potensi tersebut.

Kerjasama Empat Pihak di Belanda Dalam Pengembangan SolaRoad

Konsep ini sendiri akan diterapkan terlebih dahulu pada jalur-jalur sepeda yang ada di Belanda. Dengan total 35.000 Km jalur sepeda serta ditambah dengan pembangunan jalur sepeda baru yang masih dilakukan, menjadikannya sangat cocok untuk menjadi lokasi pilot project  SolaRoad. Proyek percobaan SolaRoad ini dilakukan di Noord-Holland, tepatnya di jalur N203 di Krommenie sepanjang 100 meter dan implementasinya sudah dimulai sejak musim panas tahun 2012.

Jalur N203 di Krommenie

Jalur sepeda dengan konsep SolaRoad ini dibangun dari elemen beton sebagai dasarnya dengan lapisan transparan pada bagian paling atas . Di bawah lapisan transparan itu, terdapat lapisan optikal yang lebih tebal dan lapisan kristal silikon sel surya yang akan berfungsi menyerap energi surya yang mengenai permukaan jalan.

(Gambar Dari Kiri atas, Kanan Atas dan Tengah Bawah) Bahan Penyusun SolaRoad, Bentuk SolaRoad dan Jalur Sepeda Dengan SolaRoad

Pilot project  SolaRoad di Noord-Holland ini diharapkan dapat memberi informasi yang komprehensif mengenai  jumlah energi yang dapat dihasilkan SolaRoad saat “periode puncak,  dimana frekuensi sinar matahari sedang sangat tinggi serta jumlah energi yang dapat didistribusikannya saat hanya sedikit atau bahkan tidak ada sinar matahari sama sekali. Pilot project ini sendiri berdurasi selama 5 tahun.

Kedepannya, SolaRoad akan diproyeksikan untuk mendukung program mobil elektrik yang sedang dilakukan di Belanda. SolaRoad ini juga diarahkan untuk mendistribusikan energi listrik dengan cara yang berkesinambungan dan ramah lingkungan. Karena para kreator SolaRoad ini memiliki keyakinan, bahwa meningkatkan penggunaan kendaraan-kendaraan elektrik tidak akan pernah menciptakan ‘sustainability’, bila energi listrik yang dihasilkan tidak diperoleh dengan cara yang ‘sustainable’ atau berkesinambungan. Nantinya energi yang terkumpul oleh SolaRoad dapat ditransfer ke kendaraan melalui tiang-tiang lampu di sepanjang SolaRoad, sehingga pengendara cukup menepikan kendaraannya di sekitar tiang-tiang lampu dan menghubungkan kabel plug-in yang telah tersedia ke kendaraan elektrik mereka.

Mobil Listrik Sedang Melakukan Pengisian

Inovasi selalu mengajarkan nilai-nilai luhur yang luar biasa. Inovasi yang muncul karena didasari oleh niat untuk memberi manfaat kepada sesama, akan mempemudah kitauntuk  melihat potensi besar untuk dimanfaatkan, bahkan dari hal-hal kecil yang mungkin oleh orang lain dianggap remeh. Belanda telah membuktikan nilai-nilai  itu  melalui  SolaRoad-nya dan semoga nilai-nilai itu dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengkritik apa yang kita belum miliki, tapi juga berusaha keras memaksimalkan apa yang sudah kita miliki agar lebih bermanfaat bagi sesama. Amiin, semoga Tuhan menghendakinya🙂

Referensi

http://www.tno.nl/content.cfm?context=thema&content=inno_case&laag1=895&laag2=912&item_id=1234&Taal=2
http://www.publitas.nl/madeinholland_en/Mobility_and_ICT_06_2010/magazine.php

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s