KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#075 Global Warming? Belanda Punya Solusinya

Leave a comment

Oleh Nazhifah Anajhiah

Suhu pada permukaan bumi meningkat tajam 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Es di Greendland mencair hampir mencapai 19 juta ton. Level permukaan laut akan naik hingga 7 meter. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat, sebagai akibat dari semakin ekstrimnya perubahan cuaca dan iklim bumi. Serangan gelombang panas semakin sering terjadi. Global warming mengancam planet bumi.

Global warming adalah isu hangat yang menjadi perbincangan setiap orang. hingga saat ini. Belum ada pemecahan terhadap masalah serius yang sedang dihadapi seluruh negara ini. Tanpa kita sadari, kita sendirilah penyebab utama mengapa semakin hari global warming semakin memburuk. Hutan yang gundul akibat penebangan secara berlebihan menyebabkan penumpukan gas CO2 yang tak terkendali. Emisi gas CO dari hasil pembakaran sepeda motor dan mobil yang semakin melejit jumlahnya. Penggunaan alat elektronik mengandung CFC secara berlebihan. Sampah rumah tangga yang menumpuk menghasilkan gas metan yang memicu emisi rumah kaca.

Di saat semua orang sibuk menyuarakan isu global warming, Belanda telah selangkah lebih maju. Di tengah kesibukannya, Belanda masih sempat memikirkan dunia. negara maju dengan teknologi mutakhir, memilih tetap membudayakan sepeda sebagai transportasi utama. Tak heran mengapa Belanda mendapatkan predikat “negara seribu sepeda”. Di samping orang Belanda memang menyukai sepeda, hal ini juga secara tidak langsung mengurangi polusi dan membuat badan sehat.

Bukan Belanda namanya kalau tidak terus berinovasi. Jika di negara lain sepeda merupakan teman santai untuk di ajak jalan-jalan sore, di Belanda sepeda sudah naik peringkat menjadi teman bekerja dan bermain. Di Belanda, kini sepeda dibuat agar memiliki banyak fungsi.

Jika teman-teman berkunjung ke Belanda, jangan heran jika melihat sepeda beroda tiga dan memiliki keranjang yang lebih besar dari sepeda pada umumnya. Namanya sepeda kargo, atau orang Belanda biasa menyebutnya Vracht Fiets. Sepeda yang dimodifikasi untuk meringankan pekerjaan seseorang dalam mengangkat barang/beban yang berat supaya menghemat bbm sekaligus tenaga dan tetap membuat belanda bebas polusi.

Merupakan solusi terbaik yang diberikan Belanda kepada dunia mengingat banyak negara yang belum tergerak untuk bertindak. Jika di Indonesia “car free day” telah diterapkan, namun kebijakan ini dirasakan belum efektif mengingat hanya direalisasikan setiap hari minggu saja. Mungkin inovasi pemikir hebat milik Belanda melalui terciptanya sepeda kargo ini adalah solusi yang tepat untuk mulai menyelamatkan bumi dari kepunahan akibat global warming.

Jika memang ulah kitalah yang mengakibatkan keadaan bumi semakin memburuk, maka kita jugalah yang harus bertanggung jawab. Dengan sepeda kargo inovasi milik Belanda, mari kita bebaskan udara bumi dari polusi sehingga bumi dapat menjadi tempat yang bersih dan nyaman untuk dihuni,  kini dan nanti.

Referensi

http://travelernekat.blogspot.com/2012/05/kreativitas-negeri-kincir-angin-inovasi.html

http://alvnsign.blogspot.com/2009/05/global-warming-mengancam-keselamatan.html
http://www.akhirzaman.info/tanda-akhir-zaman/2012/1845-global-warming-pemanasan-global.html
https://forum.bukalapak.com/threads/43089
http://myworldestination.blogspot.com/2012/05/dutch-creativity-sepeda-cargo-belanda.html
http://blog.umy.ac.id/karyakuumy/2012/05/05/sepeda-kargo-di-belanda/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s