KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#074 Berkacalah Pada Belanda

2 Comments

Oleh Nazhifah Anajhiah

Pernah menjajah Indonesia selama hampir 350 tahun, jatuh bangun membangun sebuah wilayah yang luasnya tak lebih luas dari Provinsi Jawa Timur yaitu sekitar 40.000 km², Belanda adalah sebuah negara kecil yang maju. Sejak Belanda masih berusia seumur jagung, orang-orang di negerinya telah berpikir keras dan cerdas. Hidup di wilayah yang dikelilingi oleh Samudera membuat orang Belanda tak patah aral untuk memajukan bangsanya. Terbukti, orang-orang Belanda yang tidak pernah berhenti berpikir berhasil membentengi negaranya dari kerasnya deburan ombak laut Utara. Berkat maha karya pemikir hebat Belanda-lah sampai saat ini Belanda masih tetap ada.

Setiap sudut di Belanda adalah saksis sejarah. Telusuri saja kanal-kanal sempit yang diapit bangunan klasik khas negeri ini, maka engkau akan menemukan sendiri ceritanya. Kegigihan orang-orang Belanda dapat digambarkan dari simbol Belanda yang mendunia. Jika berkunjung ke Belanda, hal yang akan sering engkau temui adalah kincir angin yang selalu berputar dan bunga tulip yang terus mekar. Begitulah orang Belanda, akan tetap selalu menggemparkan dunia, tidak pernah berhenti berfikir, ulet, ramah, indah, selalu berinovasi, terus berkarya, dan tetap rendah hati.

Berkaca pada Belanda, dari berbagai Bidang Belanda tidak pernah mau terbelakang. Dalam hal pendidikan, Belanda terkenal sebagi pelopor pendidikan berkualitas dengan biaya yang bersahabat. Terbukti dengan banyak mahasiswa dan pelajar dari berbagai negara yang haus akan ilmu datang berbondong-bondong untuk sekedar melepaskan dahaga akan ilmu pengetahuan. Belanda adalah guru yang selalu memberikan yang terbaik.

Fakta lain yang membuat negara lain harus berkaca pada Belanda adalah kepedulian Belanda dalam menjaga bumi. Di saat negara lain sedang sibuk berdebat tentang pemecahan global warming, Belanda sudah tergerak untuk menyelamatkan kelangsungan masa depan bumi. Terbukti dengan aksi sederhana namun berdampak besar adalah “cycling in Netherland”. Belanda bersepeda, teman. Negara maju dengan pendapatan perkapita hampir mencapai $ 42,330 memilih sepeda sebagai alat transportasi utama. Bukan sebuah porsche atau lamborghini, tapi kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Belanda yang hiruk pikuk masih sempat memikirkan dunia. Itulah mengapa di saat suhu bumi naik secara ekstreem, Belanda masih bisa bernafas lega. Sebagai bukti nya, jika engkau ke Belanda, sempatkanlah diri mengunjungi desa Giethoorn. Sebuah desa tanpa jalan raya. Engkau tak akan menemukan kendaraan bermotor dimanapun, yang ada hanya perahu yang berseliweran sepanjang kanal. Terbukti, Belanda bukan sekedar berkata-kata.

Belanda memang paling bisa membuat negara-negara lain terus berdecak kagum. Dalam segala hal Belanda adalah yang terdepan. Memang Belanda mengajarkan rakyatnya untuk selalu menjadi pemenang. Untuk soal prestasi, jangan ditanya lagi. Belanda adalah gudangnya prestasi. Kebanyakan dari orang-orang yang mendunia baik dalam hal prestasi, akademik, dan kognitif, Belanda yang punya.

Belanda adalah tempat di mana para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu dilahirkan. Seniman yang telah menghasilkan karya-karya besar dan bahkan atlit olahraga dari berbagai cabang, rata-rata dididik dan ditempa oleh Belanda. Tak heran mengapa sudah begitu banyak ukiran-ukiran positif mengenai Belanda.

Jika ingin lebih maju dan memberikan banyak  manfaat bagi dunia, liriklah Belanda maka Belanda akan memberikan solusinya. Ingatlah, sebuah perubahan kecil memberikan dampak besar, siapa bilang negara kecil tidak akan bisa jadi besar? Berkacalah pada Belanda.

Referensi

http://aksesdunia.com/2012/melihat-keasrian-desa-giethoorn-di-belanda/
http://serba-sepuluh.blogspot.com/2012/03/10-negara-dengan-pendapatan-per-kapita.html
http://pandri-16.blogspot.com/2012/05/sejarah-awal-berdiri-negara-belanda.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#074 Berkacalah Pada Belanda

  1. Aku SETUJU bangetttttttttttttttt! (Y)
    Jadi tambah bangga sama negaranya kakek aku ^_^
    Kakek aku itu orang Belanda🙂

    Very good artikel! (Y)

  2. Share aja ya belanda menjajah indonesia bukan 350 tahun, coba hitung pertama kali belanda datang tahun 1596 mereka hanya berniaga, belum ada niat untuk menjajah. bedankt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s