KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#072 Menj(el)ajah Belanda dengan Sepeda

Leave a comment

Oleh Hanna Suryadika

Lima tahun terakhir di Indonesia, sepeda nampaknya telah menjadi kendaraan hemat anti polusi yang sedang tren. Setiap ada pelaksanaan Car Free Day di berbagai kota, ratusan sepeda turun ke jalan ikut meramaikan acara rutin mingguan tersebut. Kegiatan hidup sehat dengan bike to work pun mulai ramai dilakukan mengingat minimnya efek polusi dari sepeda. Sementara itu, di Belanda bersepeda bahkan telah menjadi gaya hidup sejak tahun 1970an. Orang Belanda dan sepeda adalah dua hal yang tak terpisahkan. Belanda juga punya reputasi yang baik soal bersepeda, hingga kini telah menjadi tren luas di seluruh dunia.

The Dutch are born on their bikes! Bersepeda merupakan salah satu kegiatan favorit orang Belanda. Bagi mereka, sepeda tak hanya sekedar alat transportasi tapi juga merupakan bagian dari hidup mereka. Belanda punya kultur bersepeda yang populer, sebanyak 27 persen masyarakat Belanda terbiasa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Jumlah tersebut merupakan angka yang terbesar dibandingkan dengan negara- negara lainnya.

Deretan sepeda- sepeda di tempat parkir khusus sepeda.

Beberapa negara bahkan sering meminta saran kepada Belanda saat akan membuat regulasi di negara mereka sendiri. Bagi orang Belanda, dengan bersepeda maka setidaknya mereka telah turut berkontribusi dalam kebersihan, bergaya hidup sehat, dan menjadikan sistem transportasi lebih efisien.

Melihat tren bersepeda di negaranya, pemerintah Belanda pun sigap menyikapinya. Mereka mulai membangun jalur- jalur sepeda, tempat parkir, hingga peraturan lalu lintas bagi pengendara sepeda. Di Belanda, kemanapun anda pergi, anda akan menemukan sepeda dan juga fasilitas jalan lainnya bagi pesepeda.

Rambu- rambu khusus pesepeda di Belanda. Rambu ini juga menujukkan arah
dan jarak ke kota terdekat

Dibandingkan dengan kendaraan pribadi lainnya, sepeda memang membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mengoperasikannya. Namun justru dengan bersepedalah anda bisa mencapai tujuan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan menggunakan mobil atau tranportasi umum lainnya. Banyak alasan yang membuat Belanda menjadi negara yang paling nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda. Kondisi alam Belanda yang cenderung datar membuat negara ini menjadi nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda. Selain itu, jalur sepeda yang dibangun sepanjang 20 ribu kilometer yang disertai oleh rambu- rambu jalan khusus pesepeda semakin mengukuhkan Belanda sebagai negara pelopor bicycling trend di dunia.

Dari satu tempat ke tempat lainnya di Belanda, amatlah menarik untuk dikunjungi dengan bersepeda. Iklim Belanda yang sejuk turut menunjang wisata dengan sepeda. Di beberapa sudut kota Belanda, seperti di Amsterdam, anda akan menemukan banyak rental sepeda. Menikmati keindahan kota- kota besar di Belanda akan terasa menyenangkan dengan bersepeda. Biasanya rental sepeda akan selalu ada di pusat- pusat kota Belanda.

Salah satu rental sepeda yang ada di Amsterdam. Biasanya kebanyakan sepeda di Amsterdam adalah sepeda bermodel kuno atau dengan sistem back-pedal brake.

Jangan khawatir tersesat jika anda berwisata dengan sepeda di Belanda. Rambu- rambu di jalur sepeda selalu menuntun anda, bahkan anda bisa bersepeda hingga ke kota- kota terdekat lainnya. Tanda lalu lintas bagi pesepeda di Belanda juga dirancang dengan rambu lalu lintas dan jalur berwarna merah dengan tulisan putih sehingga mudah dikenali oleh masyarakat maupun turis yang hendak bersepeda.

So, let’s ride the bike and get lost in Holland!

Jalur merah merupakan jalur bagi khusus bagi pengendara sepeda.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands
http://www.holland.com/global/tourism/article/bikes-and-public-transportation.htm
http://www.holland.com/global/tourism/article/holland-by-bike.htm
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s