KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#070 Antoni Van Leeuwenhoek, Sang Pionir Penjelajahan Dunia Mikro

Leave a comment

Oleh Liana Threestayanti

Belanda dikenal sebagai bangsa pionir, melalui berbagai inovasi, penemuan, penjelajahan dan sebagainya. Ternyata, bangsa negeri kincir angin ini juga pionir dalam “menjelajah” dunia mikro organisme lho.

Semasa sekolah dasar, nama Antoni van Leeuwenhoek tidak asing bagi saya dan kawan-kawan. Pasalnya ketika itu, sebagai murid SD, kami memang diwajibkan menghapal nama-nama penemu di masa lalu. Jadi, boleh dibilang nama van Leeuwenhoek saya ingat sekadar sebagai salah satu dari sederet nama orang yang terkenal karena temuan yang fenomenal.

Sampai tahun lalu, laboratorium kantor kami kedatangan sebuah produk teknologi terbaru: mikroskop digital dan USB microscope. Seiring decak kagum kami akan kemampuan mikroskop digital tersebut, nama Antonie Philips van Leeuwenhoek pun kembali terbersit dalam ingatan saya.  Betapa kepioniran pria kelahiran Delft, 16 Oktober 1623, ini telah membuka jalan untuk inovasi-inovasi di berbagai bidang, bahkan lintas disiplin. Misalnya mikroskop digital yang menggabungkan kecanggihan komputasi dan konsep-konsep mikroskop.

Bukan hanya itu, berkat penemuan pria yang juga didaulat sebagai the first microbiologis ini, jutaan nyawa manusia, bahkan mahluk hidup lainnya dapat terselamatkan. Bagaimana tidak, melalui penelitian-penelitian lab yang menggunakan mikroskop lah dapat ditemukan bakteri, virus,  mikro organisme jahat maupun baik yang dapat berpengaruh pada mahluk hidup dan lingkungan.

Hal lain yang menarik bagi saya adalah latar belakang Antoni van Leeuwenhoek. Ia sama sekali  bukan dari keluarga atau kalangan ilmuwan. Lahir di Delft, Belanda, pada tanggal 24 Oktober 1632, van Leeuwenhoek terlahir sebagai putra seorang pembuat keranjang, yang bukan keturunan orang kaya dan tidak memiliki gelar sarjana.

Nah, dengan klasifikasi seperti itu, bisa dipastikan van Leeuwenhoek tidak masuk hitungan kalangan ilmuwan. Namun dengan ketekunan dan kemampuannya, Antoni van Leeuwenhoek sukses membuat berbagai temuan terpenting dalam sejarah biologi. Dari prestasinya itu, ia kemudian didaulat sebagai The Father of Microbiology.

Antoni van Leeuwenhoek adalah orang pertama yang mengobservasi dan mampu mendeskripsikan organisme bersel tunggal—ia menyebutnya sebagai animalcules. Van Leeuwenhoek pula yang pertama berhasil mengobservasi dan mencatat hasil pengamatan serat otot, bakteri, spermatozoa dan aliran darah di pembuluh kapiler.

Perkenalan Antoni van Leeuwenhoek dengan mikroskop  dimulai dari toko bahan pakaian tempatnya magang di Amsterdam, saat itu usianya 16 tahun. Di sana, ia bekerja sebagai kasir dan staf administrasi  toko. Mikroskop pertamanya berupa kaca pembesar sederhana yang dipasang pada sebuah dudukan kecil.  Peralatan itu ia gunakan untuk membantu meneliti serat kain. Di tahun 1654, Antoni van Leeuwenhoek membuka usaha drapery miliknya sendiri di kota kelahirannya di Delft.

Kembali ke masa kini, mikroskop telah hadir dalam berbagai jenis untuk berbagai kegunaan. Yang terdahsyat saat ini adalah mikroskop elektron seharga USD 27 juta yang dikembangkan oleh para ilmuwan di National Center for Electron Microscopy. Mikroskop ini dapat menelisik benda-benda seukuran atom.

Sejatinya, naluri manusia adalah untuk memahami lingkungan dan dunia di sekitarnya. Antoni van Leeuwenhoek sang pionir dari Delft, Belanda, telah membukakan jalan untuk memahami dunia mikro di sekitar kita.

   

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s