KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#068 It’s QR Coin!!

Leave a comment

Oleh Dimas Mulyawan

Tahukah anda dengan sebuah kode berwarna hitam dengan wujud seperti matriks yang biasanya terdapat di suatu produk? Salah satu media cetak terbesar di Indonesia pun telah menerapkannya. Biasanya di salah satu artikelnya terdapat kode kotak berwarna hitam tersebut.

QR Code

Ya, itulah QR Code atau kepanjangan dari Quick Response Code. Penjelasan lengkapnya adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang tujuannya menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang juga cepat. Tapi bisakah anda membacanya? Tentu saja tidak. Karena QR Code hanya bisa dibaca apabila kita telah memindainya dengan media elektronik, seperti smartphone BlackBerry atau Android.

Walaupun QR Code ini telah dikenal pada tahun 1994 oleh perusahaan Jepang bernama Denso Wave, namun penggunaan QR code baru marak di dunia kira-kira lima tahun kebelakang ini. Berbagai produk kini sudah dilengkapi oleh QR Code, dengan tujuan si pengguna dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut.

Keunikan penempatan QR Code di suatu produk menginsiprasi The Royal Dutch Mint, sebuah perusahaan yang memproduksi koin dan dimiliki oleh Pemerintah Kerajaan Belanda, untuk memproduksi koin yang memiliki QR Code. Hal ini dilatar belakangi oleh perayaan ke 100 tahun perusahaan tersebut.

QR Code Coin

The Royal Dutch Mint memproduksi koin yang memiliki QR Code untuk nominal € 5 (perak) dan € 10 (emas), dan dirilis terbatas pada Juni 2011 lalu. Inovasi The Royal Dutch Mint ini sekaligus menempatkan Belanda sebagai negara pertama di dunia yang menerapkan teknologi QR Code pada mata uang. Sebelumnya Amerika Serikat memang pernah membuat uang dengan teknologi tinggi, tapi tujuannya untuk mengurangi risiko pemalsuan dan bukan berupa QR Code.

silver & gold QR Code coin

Ketika orang memindai QR Code yang terdapat di koin tersebut, maka akan link ke Internet untuk masuk ke situs The Royal Dutch Mint dan mengenai berbagai informasi mengenai perusahaan yang berkedudukan di Utrecht tersebut. Sejarah mengenai bagaimana The Royal Dutch Mint berdiri pun ada situs tersebut. Penempatan QR Code pada koin ini sangatlah menarik. Selain itu, produksi yang terbatas membuat warga Belanda pun beramai ramai berusaha memiliki koin ini, sekaligus sebagai koleksi pribadi mereka.

QR code coin the royal dutch mint

Teknologi sistem pembayaran semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi. Bila sebelumnya sudah terdapat alat pembayaran yang berbasis teknologi tinggi, seperti NFC (Near Field Communication) atau Barcode, dan kini QR Code menjadi salah satu alternatif lain yang bisa memberikan benefit bagi penggunanya. Bukan tidak mungkin, QR Code pada alat pembayaran dimaksudkan sebagai bagian program promosi atau loyalty.

Referensi

http://www.q5g.nl/en
http://en.wikipedia.org/wiki/Royal_Dutch_Mint
http://www.boredpanda.org/26-creative-ways-to-use-qr-codes/
http://www.gaptekupdate.com/2011/06/uang-koin-pertama-berkode-qr/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s