KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#067 Holland, Jazzy Country

Leave a comment

Oleh Dimas Mulyawan

The North Sea Jazz Festival

Alunan gitar dengan tempo yang sedang tersebut tampak mengalun mengiringi sang vokalis bernyanyi. Suara soundnya tidak terlalu keras, karena suara vokalis lah yang dominan dengan ciri khasnya. Pemilik suara tersebut adalah Lenny Kravitz yang tengah tampil di The North Sea Jazz Festival 2012 dan menyanyikan lagu “It Ain’t Over ‘Til It’s Over” (yang sesungguhnya inilah lagu yang paling nge-jazz dari Lenny Kravitz) di hadapan ribuan penonton yang hadir di festival jazz paling bergengsi di dunia. Belanda patut berbangga, karena mampu menelurkan ajang ini hingga menjadi festival jazz paling bergengsi, terbesar, dan berpengaruh di industri musik dunia.

penampilan Lenny Kravitz di The North Sea Jazz Festival 2012

The North Sea Jazz Festival adalah festival jazz tahunan yang diselenggarakan setiap akhir pekan kedua Juli di Rotterdam dan bertempat di The Ahoy. Sebelumnya festival ini selalu diadakan di Den Haag, namun sejak 2006 dipindahkan ke Rotterdam. Festival ini dibuat oleh seorang promotor jazz asal Belanda bernama Paul Acket tahun 1976. Ketika Acket menjual perusahaannya pada tahun 1975, ia mampu memulai dan mensponsori sendiri The North Sea Jazz Festival. Acket mampu menyajikan keanekaragaman musik jazz kepada masyarakat. Dari penonton awal sekitar 9.000 penonton, kini festival tersebut telah tumbuh dengan menghadirkan hingga 16 panggung, 220 artis dunia selama tiga hari penyelenggaraan dan disaksikan oleh lebih dari 100.000 penonton.

The North Sea Jazz Festival selalu dipadati dan dinantikan penonton

Walaupun ber-title The North Sea Jazz Festival, namun sesungguhnya festival ini pun menghadirkan genre-genre lain yang secara tidak langsung merupakan ‘turunan’ dari genre jazz. Sebut saja Tradisional New Orleans Jazz, Swing, Bop, Free Jazz, European House, Fusion, Avant Garde dan Jazz elektronik untuk Blues, Funk, Gospel, Soul, Groove, HipHop, R & B, World BeAT dan Latin.

Tidak hanya festival, sejak tahun 1985 ajang ini juga menyuguhkan penghargaan, yaitu Bird Awards, yang terdiri dari tiga kategori. Namun sejak tahun 2001, kategori ini berubah menjadi satu kategori saja dan diperuntukkan bagi musisi yang yang layak menerima pengakuan lebih. Sedangkan di tahun 1998 diperkenalkan juga Edison Jazz Award yang merupakan penghargaan dari industri musik Belanda bagi album yang memiliki kualitas khusus.

Sebelumnya, di tahun 1990 ajang ini mendapat pengakuan sebagai Festival Jazz Terbaik di Dunia dari Majalah JazzTimes dan di tahun 1992, Organisasi Internasional Penyelenggara Festival memberikan penghargaan prestisius “Fidof Diploma” kepada ajang ini.

Tak hanya itu, dalam setiap penyelenggaraannya kini menghadirkan pula North Sea Jazz Kids yang memperkenalkan genre musik jazz kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Selama satu hari anak-anak dapat membuat festival musik, tari, membuat alat musik dan menikmati beberapa lokakarya musik, yang tentunya menyenangkan dan edukatif. Selain itu ada juga ajang North Sea Jazz Club yang merupakan penampilan jazz di sebuah klub di Amsterdam. Bisa dikatakan ini adalah pre-event dari ajang The North Sea Jazz Festival. Dan ada juga Curacao North Sea Jazz Festival yang merupakan festival jazz yang diadakan di Curacao, salah satu negara bekas jajahan Belanda di wilayah Karibia. Festival ini diadakan sejak tahun 2010 lalu.

North Sea Jazz Kids

Penyelenggaraan The North Sea Jazz Festival membuktikan bahwa Belanda bukan hanya negara yang terkenal dengan bunga tulip, keju, pendidikan, sepakbola, teknologi, namun juga kiblat musik jazz dunia. Semoga ini pun diikuti Indonesia, karena kita memiliki Java Jazz Festival.

Referensi

http://www.apassion4jazz.net/nsjf.html
http://english.ruvr.ru/2012_07_06/North-Sea-Jazz-Festival-opens-in-Rotterdam/
http://en.rotterdam.info/press/news/galaxy-of-stars-at-north-sea-jazz/
http://en.wikipedia.org/wiki/North_Sea_Jazz_Festival
http://www.northseajazz.com

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s