KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#064 Belanda Pencipta Koin dengan QR Code Pertama di Dunia!

4 Comments

Oleh Siagian Priska Cesilia Rosida

Saya ingat ekspresi salah satu teman yang adalah seorang numismatis atau kolektor uang-uang kuno, bercerita tentang uang koleksinya. Buat teman saya yang bernama Hendra ini, mengoleksi uang sama dengan menikmati keindahan dan pesona sejarah.

Saya pun penasaran, apakah sebagai kolektor uang kuno, Hendra tahu tentang koin dengan QR Code yang dipunya Belanda? “Tau dong. Itu uang yang diproduksi dengan teknologi tingkat tinggi,” jawab Hendra yang juga dosen di Universitas Indonesia ini.

Lalu saya tanya lagi, “Sebagai kolektor uang kuno, apa tetap ngileruntuk punya koin high tech seperti itu?” “Kalau gua punya kesempatan untuk punya, tentu gua akan teriak MMMMAAAAAUUUUU!!!!”

Ok, apa sih sebenarnya koin ber-QR Code? Jadi, untuk memperingati 100 tahun eksistensi lembaga percetakan uang nasional atau Koninklijke Nederlandse Munt (KNM), dibuatlah koin dengan ‘menanamkan’ QR Code secara permanen di dalam desainnya.

Quick Response (QR) Code sendiri adalah barcode dua dimensi. Dengan barcode ini kita bisa menghubungkan konten yang dicetak dengan konten digital yang ada di website. Untuk baca barcode-nya kita harus melengkapi smartphone dengan aplikasi scanning QR Code. Lalu saat kamera smartphone membaca barcode dengan secepat kilat kita masuk ke dimensi informasi yang lain.

Nah untuk koin ini, barcode-nya akan mengantarkan kita pada website dengan alamat www.q5g.nl. Cobain deh, kita akan masuk ke satu video yang ada di website. Video ini ceritanya mengantarkan kita mulai dari gerbang depan gedung percetakan uang sampai ke tempat coin ber-barcode ini dikumpulkan.

Selesai menonton video, ada banyak informasi yang disajikan, mulai dari informasi mengenai desain koin, sejarah gedung percetakan uang, koin-koin lain yang didesain khusus, cara membeli koin berbarcode sampai games menemukan gambar koin yang sama untuk melihat gambar gedung percetakan uang Belanda secara utuh.

Keunikan koin ini bukan hanya ada di-barcode yang tertanam permanen di koin. Tapi juga desain yang dibuat oleh José Sánchez Castaño ini sangat interaktif. Setiap kali kita mengarahkan koin ke cahaya sambil diputar, akan muncul huruf U, K, N, M, D, R secara bergantian. Ini singkatan dari Utrecht Koninklijke Nederlanse Munt (Mint) Dutch Royal.

Pemerintah pun mengenalkan koin bergambar Ratu Beatrix ini dengan sangat unik. Jauh hari sebelum peringatan 100 tahun berdirinya KNM yang jatuh pada 22 Juni 2011, diinformasikan bahwa pada tanggal tersebut QR Code akan menampilkan satu kejutan khusus.  Artinya saat diluncurkan masyarakat belum tahu ke mana barcode membawa mereka.

Hingga hari ini masih banyak  yang ingin memiliki kedua pecahan koin 5€ yang terbuat dari perak dan 10€ terbuat dari emas. Maklum ini pertama kalinya percetakan uang negara mengintegrasikan teknologi cetak dengan teknologi digital pada medium uang.

Atas ide brilian ini, Krause Publications memberikan penghargaan Coin of The Year 2013 untuk kategori Most Innovative Coinage kepada Belanda. Penghargaan ini memiliki presitise yang tinggi karena Krause Publications adalah referensi para numismatis untuk mencari tahu segala sesuatu tentang koin terbaik di dunia.

Jangankan Hendra atau para numismatis lainnya, saya pun ingin mengoleksi koin ber-barcode ini. Saya yakin nilai investasinya terus naik karena desain yang  interaktif dan pesona sejarah yang dibalut dalam teknologi barcode dua dimensi, sudah menjadi magnet untuk dimiliki.

Referensi

http://www.popsci.com/technology/article/2011-06/worlds-first-currency-qr-codes-will-start-circulating-netherlands-next-week
http://blog.airsource.co.uk/index.php/2011/07/04/scanning-the-royal-dutch-mints-new-qr-code-coin-whats-behind-that-code/
http://news.coinupdate.com/royal-dutch-mint-takes-top-prize-at-coty-awards-1838/
http://www.numismaster.com/ta/numis/Article.jsp?ad=article&ArticleId=25861

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

4 thoughts on “#064 Belanda Pencipta Koin dengan QR Code Pertama di Dunia!

  1. brilliant netherlands!cakep tulisanmu!!

  2. Iya pas nemu info ini….kaya gatel banget pengen nulis….keren bener abisnya….gua aja ampe beneran pengen punya koinnya….

  3. Saya baru sebatas koleksi koin 100 rupiah sejak 20tahun lalu.. berlanjut ke 500 kuningan, dan kepingan 1000.. yang terbayang kalau saya beri QRcode di koleksi saya adalah update nilai nominal koin tersebut secara realtime.

  4. luar biasa emang teknologinya….realtime….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s