KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#063 Hey Netherlands, I Think You Are The First Non-Energy Country In The World

Leave a comment

Oleh Nurul Khasanah

Energi adalah daya atau kekuatan yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan bahkan termasuk bagian dari suatu bahan. Energi memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia termasuk untuk kemajuan suatu negara. Namun hal ini tidak berlaku untuk Belanda. De Oranje ini malah sedang gencar melakukan gerakan non-energi.

Salah satu gerakan mereka adalah dengan melakukan pergantian jembatan Ramspol lama dengan jembatan Ramspol yang baru. Ini adalah proyek terbesar yang dimiliki Belanda saat ini. Dengan menggunakan sistem non-energi, jembatan ini menjadi yang pertama di dunia. Mengapa demikian? Karena jembatan ini bekerja dengan menggunakan sekitar 320 tenaga panel surya yang dipasang pada kedua sisi jembatan sehingga menghasilkan setidaknya listrik sebanyak yang dibutuhkan. Kemudian semua energi tersebut akan dikumpulkan dari sel surya dan energi dilepaskan dengan jalan yang dapat bergerak ketika jembatan ini menutup. Proyek yang berhasil memperlebar jalan tol N50 untuk lalu lintas di kedua arahnya ini juga menggunakan sistem penyimpanan energi hijau dalam baterai. Jembatan dengan konstruksi yang lebih tinggi dari yang lama ini, membuat  arus lalu lintas di jalan serta di atas air jauh lebih lancar. Rute The Ramspol-Ens ini juga telah diperpanjang dan diperluas dengan jalur 2 × 2 sepanjang 6 kilometer. Sebuah kelas pemisahan telah menggantikan lima kelas perpisahan yang sangat meningkatkan keselamatan di jalan.


Tak hanya jembatan, bangunan rumah pun tak luput dari gerakan non-energi Belanda. Ide dari OPAi (oneplanetarchitecture institute) yang awalnya hanya menginginkan rumah dengan konsep ramah energi. Namun, kemudian dia meminta arsitek Zecc untuk mengintegrasikan konsep energi yang netral dengan pemulihan lengkap dan perluasan rumah klasik. Dengan mengadopsi desain villa yang ada di desa Driebergen, yang berprofinsi di Utrect, Belanda, Zecc akhirnya mendesain rumah dengan arah pintu yang tepat menghadap ke jalan dengan penambahan kotak kaca diatasnya sehingga akan membuat rumah ini tampak lebih besar. Penambahan pohon-pohon disekelilingnya akan membuat rumah ini menjadi lebih rindang dan konvensional. Desain rumah ramah lingkungan ini juga menggunakan isolasi yaitu dengan penggunaan serat kayu yang kemudian dilapisi plester lumpur sebagai isolasi untuk dinding internalnya. Bahan lain yang digunakan adalah rami, yang disebut sebagai “breathable material” dalam desain rumah non-energi ini. Bahan ini digunakan untuk melindungi atap kayu. Lapisan baru diterapkan sedemikian rupa, sehingga unsur-unsur asli rumah tersebut masih dapat dilihat, seperti jendela, brickworks, dll.

Yang membuat rumah ini non-energi adalah penggunaan panel surya foto-volta sebagai penyedia listrik, terutama untuk pompa panas. Pemasangannya pun tidak boleh sembarangan karena rumah ini didesain tanpa mengurangi nilai estetika ketradisionalan dari desain villa desa Driebergen itu sendiri. Untuk memanaskan air, kolektor energi surya juga digunakan. Hebatnya jika di hari-hari cerah kelebihan energi maka akan otomatis disimpan atau dikembalikan ke jaringan publik.

#BEPROUDOFNETHERLANDS

Referensi

http://www.youtube.com/watch?v=BFHkZln4j4k
http://www.sarens.com/en/projects/ramspolbridge.aspx
http://inhabitat.com/hollands-first-energy-neutral-house-wins-bna-building-of-the-year/
http://www.architectureserved.com/gallery/61-energy-neutral-houses-NETHERLANDS-Ulft/5341715
http://www.360cities.net/image/ramspol-bridge-constructionsite-3-ens-nl#220.00,24.00,70.0
http://architecture4us.com/house/sustainable-design-of-the-first-energy-neutral-house-in-netherland/
http://www.dutchdailynews.com/netherlands-opens-first-energy-neutral-bridge-in-the-world/
http://www.materialicious.com/2011/05/the-first-energy-neutral-house-in-netherland.html
http://www.xs4green.com/en/news/view/66/New-energy-neutral-Ramspol-Bridge-dot-html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s