KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#061 Thanks Netherlands! Your Innovation Heal and Illuminate Our Earth

Leave a comment

Oleh Nurul Khasanah

Global warming adalah masalah bumi yang sulit di selesaikan namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Banyak cara dapat dilakukan, salah satunya dengan menghemat energi. Pemanasan yang menipiskan lapisan ozon ini ternyata memanaskan pemikiran manusia pula untuk berpikir kreatif. Hal itu pun yang membuat Rene van Schooten (CEO Philips) berinovasi menciptakan lampu LED dengan pencahayaan yang cocok untuk penerangan umum namun tetap efisien.

Perusahaan asal Eindhoven ini juga menciptakan Philips Hue dengan lampu khusus untuk rumah. Pengganti lampu neon ini memiliki konversi sampai 200lm/W yang dua kali lebih efisien dan akan menghasilkan energi yang signifikan serta penghematan biaya. Bahkan lampu yang dapat dikelola dari iPhone atau perangkat Android ini dianggap sebagai lampu terpintar di dunia.

 Di Amerika sendiri lampu neon menghabiskan sekitar 200 terawatts listrik per tahun. Jika semua lampu neon disana diganti dengan produk ini,  maka mereka hanya butuh 100 terawatts energi atau setara dengan 50 media pembangkit listrik yang berarti menghemat lebih dari 12 miliar dolar Amerika dan mencegah sekitar 60 juta metrik ton CO2 yang dilepaskan ke atmosphere. Philips juga telah bekerja untuk menurunkan biaya lampu LED dengan memperkenalkan “88 ENERGY STAR”. Produk ini menggunakan hingga 85% energi lebih sedikit daripada lampu tradisional dan dapat digunakan hingga 25 kali lebih lama. Selain itu produk ini juga sederhana karena bekerja dengan dimmer standar dengan kemampuan mengelola pencahayaan dari jarak jauh. Hebatnya inovasi ini dilakukan tidak dengan menurunkan kualitas cahayanya namun dengan mengurangi tagihan energi penggunanya. Sebagai pencahayaan dan teknologi konvergen, Philips terus mengeksplorasi cara-cara baru seperti membantu kota Boston dan New York guna menghemat uang dan mengurangi jejak lingkungan melalui LED penerangan jalan dan kota.

Di Belanda sendiri Philips menjalin kerjasama dengan klinik Isala. Philips memberikan teknologi paling canggih seperti MRI dan CT scanner, sistem USG dan solusi pemantauan pasien. Mereka juga berinvestasi dalam program penelitian bersama untuk menciptakan inovasi baru untuk diagnosis dan pengobatan penyakit kardio-vaskular dan kanker. Dengan kerjasama ini Isala diklaim sebagai klinik tercanggih karena menggunakan teknologi “state of the art”.

Tak berhenti disitu, Philips juga menaruh perhatian hingga ke benua Afrika. Mereka menyediakan 30 woodstoves yang mengandalkan biomassa. Kompor yang dirancang khusus ini sangat efisien dan secara signifikan mengurangi penebangan pohon, karena cukup menggunakan ranting kecil sebagai bahan bakar memasak. Selain memotong 90%  emisi karbon, kompor ini juga dapat memotong 95% asap beracun didalamnya sehingga mengurangi risiko kesehatan saat memasak di dalam ruangan sekaligus meningkatkan keselamatan dan meninggalkan lebih banyak waktu untuk pekerjaan lain. Philips juga menyediakan 200 LED surya, lentera surya dan obor surya. Sistem ini dirancang untuk menghemat biaya namun dengan cahaya terang yang sangat efisien untuk rumah tangga dan usaha kecil. Solar panel pusat dibebankan oleh kekuatan baterai dua lampu LED. Cukup dipanaskan dibawah sinar matahari selama 8 jam dengan cahaya dapat dinikmati untuk seluruh malam dengan kualitas cahaya yang jauh lebih tinggi pula. Hal ini juga lebih aman karena tidak ada resiko kebakaran seperti minyak tanah yang asapnya justru merusak kesehatan. Sistem pencahayaan LED ini berhasil menghidupkan keceriaan 560 juta orang Afrika yang hidup tanpa listrik.

 

#BEPROUDOFNETHERLANDS

Referensi

http://www.dutchdailynews.com/philips-supplies-healthy-cooking-stoves-and-solar-led-lighting-in-south-africa/
http://www.theclimategroup.org/what-we-do/publications/lighting-the-clean-revolution-the-rise-of-leds-and-what-it-means-for-cities/
http://www.dutchdailynews.com/philips-creates-the-worlds-most-energy-efficient-warm-white-led-lamp/
http://www.dutchdailynews.com/philips-named-to-mit-technology-reviews-2013-50-disruptive-companies-list-recognizing-worlds-most-innovative-companies/
http://www.youtube.com/watch?v=3jmmOYufg5s
http://www.pocket-lint.com/news/117922-philips-hue-led-bulb-customises-your-homes-lighting

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s