KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#059 Kincir Angin adalah Simbol Kepemimpinan Belanda

Leave a comment

Oleh Ahmad Febriant Prima Putra

Kincir angin sejatinya sudah ditemukan berabad-abad yang lalu, bahkan dalam tulisan arab dari abad ke-9 Masehi yang menjelaskan bahwa kincir angin yang dioperasikan di perbatasan Iran dan Afganistan sudah ada sejak beberapa abad sebelumnya.

Belanda yang disebut juga  Koninkrijk der Nederlanden sangat tersohor dengan teknologi Kincir Angin nya, kincir angina sekarang berkembang tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengalihkan dan membendung air, juga dipergunakan sebagai salah satu sarana pembantu dalam bidang pertanian dan industri. Kincir angin memang memegang peran penting dalam berbagai bidang di negara ini.

Belanda yang mempunyai motto Je Maintiendrai (“Saya akan mempertahankan”) ini akan senantiasa bertahan layaknya Kincir Angin yang berdiri kokoh di setiap penjuru negeri dengan cara-cara yang elegan dan eksotis layaknya bunga Tulip yang bermekaran. Bertahan dalam artian terus membuka diri terhadap kemajuan teknologi dan budaya sehingga menjadikan Belanda sebagai salah satu negara paling maju di dunia.

Konsep bangunan kincir angin mengilhami Belanda sebagai sebuah simbol memimpin negaranya ke peradaban yang lebih baik lagi. Henry Alfred Kissinger (1923-2012) , seorang mantan PM Amerika dan pemenang Nobel perdamaian dunia berkata, “The task of the leader is to get his people from where they are to where they have not been.” – “Tugas seorang pemimpin adalah membawa orang dari tempat mereka berada sekarang ke tempat yang belum pernah mereka datangi.”  Apa yang disampaikan beliau sangat jelas menggambarkan Belanda dengan Kincir anginnya.

Kincir angin membawa Belanda ke era baru, terus berkembang dan maju. Bangunan kincir angin adalah sebuah konsep kepemimpinan dimana sistematika dipuncaki sebuah Kincir yang terus berputar. Dalam artian seorang pemimpin harus senantiasa mengayomi, terus bergerak dan mendengarkan keluhan rakyatnya yang terdiri dari susunan batu bata menara penyangganya. Ini mengilhami ratu Beatrix Wilhelmina Armgard yang memimpin Belanda sejak tahun 1980 sampai sekarang, dalam memerintah negaranya.

Kincir angin digunakan Belanda dalam bidang pertanian. Kunci utama keberhasilan pertanian Belanda adalah riset. Riset dilakukan oleh perguruan tinggi di Belanda yang terkenal dengan ilmu pertaniannya yaitu Universitas Wageningen. Hasil risetnya diterapkan Pemerintah Belanda dalam menjalankan roda pertaniannya. Melalui sistematika tersebut, membuat Belanda menjadi pengekspor tomat terbesar ke-2 di dunia setelah Meksiko, mampu menciptakan 660.000 lapangan kerja atau 10% dari lapangan kerja nasional di bidang pertanian, menghasilkan produk olahan unggul seperti produk Coklat van Houten yang merupakan olahan dari kakao yang dihasilkan dari teknologi Green House yang efisien bernama “ Dutch Process” diciptakan oleh Coenraad Johannes van Houten (1801 – 1887)

Coklat van Houten adalah salah satu brand coklat terkenal di dunia. Ide pembuatan coklat ini muncul dari kegalauan Coenraad Johannes van Houten di mana ibu rumah tangga hanya menambahkan air panas atau susu cokelat dasar untuk membuat minuman coklat. Lalu bagaimana membuat coklat yang cepat larut? Akhirnya beliau menemukan metode penekanan kakao dalam pembuatan coklat. Kakao padatan dipisahkan dari cocoa butter dengan cara menekan dengan perlakuan dengan alkali, asam yang dinetralkan, serat melunak dan putus.

Kalo Belanda mampu menjadikan kincir angin untuk memimpin negaranya, harusnya negara kita mampu dengan garudanya.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s