KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#058 Belanda – Mengintip Masa Depan Melalui Pendidikan dan Penemuan

Leave a comment

Oleh Ika Ari W

Mungkin sempat terlintas dibenak kita, kenapa Belanda? Apa yang menarik dari negara yang luas wilayahnya tidak lebih luas dari propinsi jawa timur ini? Apa yang menjadikan negeri kecil di eropa barat ini begitu maju dan menginspirasi banyak negara-negara maju juga negara berkembang termasuk Indonesia? Yuk mari kita telusuri lebih jauh mengapa negeri kincir angin ini begitu terdepan dalam berbagai bidang.

Peta Belanda (Netherlands)[1]

Koninkrijk der Nederlanden atau yang biasa kita kenal “Belanda”, adalah salah satu negara terkecil nan maju di dunia. Negara multikultur ini dipenuhi oleh manusia pintar, ulet, sangat terbuka dan penuh dengan gagasan. Pendidikan, ilmu dan penelitian memiliki peran penting terhadap kemajuan Belanda.

Di era globalisasi yang menjadikan eropa semakin bebas tanpa batas justru dimanfaatkan Belanda untuk “mengintip” wajah dunia modern masa depan melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan penemuan. The international competition for the best brains through education, science and research.

Netherlands is one of the most popular countries in which to study Internationally. Pendidikan tinggi Belanda sangat diperhitungkan di eropa. Hal tersebut diperkuat dengan isi pernyataaan surat kabar The Times yang menyebut bahwa “Belanda adalah kekuatan utama benua Eropa dalam pendidikan tinggi. Sebanyak 28 negara memiliki sekurang-kurangnya satu institusi pendidikan dalam urutan 200 besar. sementara Belanda, mencantumkan 11 institusi, tampil sebagai negara yang paling unggul di benua Eropa dalam bidang pendidikan tinggi.” [4]

skor rata-rata kemampuan reading, math and science[2]

Belanda menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya yang cukup terjangkau. Lebih dari 1400 program studi internasional ditawarkan dengan bahasa inggris sebagai pengantar kuliah. Fakta lainnya, Belanda juga menciptakan terobosan baru pada sistem pendidikannya dengan menciptakan metode Problem Based Learning yang melatih mahasiswa belajar mandiri dalam menganalisis dan memecahkan masalah-masalah praktis serta malatih mahasiswa untuk memiliki keingintahuan yang besar sehingga melahirkan pertanyaan-pertanyaan sekaligus ide-ide kreatif & inovatif baru. Segala kemudahan, kenyamanan, keterbukaan dan terobosan inilah yang menjadi daya tarik ampuh untuk “menarik” pelajar-pelajar terbaik di seluruh penjuru dunia.

Belanda memiliki ± 81.700 Mahasiswa Internasional. Sampai sekarang pintu bagi pelajar dan mahasiswa internasionalpun selalu terbuka, bahkan Belanda menyediakan banyak scholarship funding untuk mahasiswa-mahasiswa yang ingin study di negeri keju ini. Karena pengetahuan, riset dan penemuan-penemuan mahasiswa asing inilah yang menjadi salah satu roda penggerak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Belanda.

Berbagai penemuan Belanda mulai dari mikroskop, telescope, thermometer mercury. kemudian di bidang computer science ditemukannya bahasa pemrograman phyton, di bidang kesehatan ditemukannya electrocardiograph(ECG).

Penemuan terbaru di bidang transportasi yaitu mobil terbang yang dinamai PAL-V one flying car telah berhasil dilakukan test drive bulan April 2012 lalu. PAL-V one flying car ini diharapkan menjadi pionir mobil terbang di masa depan.

PAL-V one flying car [3]

Konsep penemuan yang masih terkait dengan bidang transportasi, yaitu Smart Highway, jalan cerdas ala Belanda. Penemuan ini tidak berfokus pada mesin kendaraan namun pada jalan yg menjadi arenanya. Rancangan ini meraih penghargaan Best Future Concept  dalam ajang Dutch Designer Awards.

Beberapa fakta penemuan tersebut hanya segelintir temuan yang membawa wajah dunia modern belanda. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah salah satu penentu utama kemajuan belanda, negeri yang menjadi kiblat ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.

Education as the key to creating a society which is dynamic and productive, offering opportunity and fairness for everyone” -David Blunkett-

Bagaimana dengan Indonesia? sudah waktunya pendidikan Indonesia berstandar internasional. Sudah saatnya pendidikan Indonesia berbicara mengenai masa depan bangsa. Sudah saatnya pendidikan Indonesia mencetak pionir-pionir berbakat, kreatif, inovatif untuk kemajuan Indonesia.

Referensi
http://www.geographyiq.com/countries/nl/Netherlands_map_flag_geography.htm
http://www.ncee.org/programs-affiliates/center-on-international-education-benchmarking/top-performing-countries/netherlands-overview/
http://www.popularmechanics.com/cars/news/auto-blog/pal-v-one-7962297
http://www.eur.nl/english/prospective/information_about/study_in_holland/
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Dutch_inventions_and_discoveries#See_also
http://www.nesoindonesia.or.id/mengapa-mengambil-studi-di-belanda
http://www.eur.nl/indonesian/student_life/study_holland/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s