KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#056 Penemu Terhebat Tiada Duanya

Leave a comment

Oleh Regas Febria Yuspita

Pertama kali saya mendengar ”Belanda”, terbesit dalam benak hati dan pikiranku, ”wah, negara ini pernah menjajah negaraku selama ratusan tahun. Kok bisa ya negara ini menjajah negaraku padahal negaranya lebih kecil daripada negaraku. Negara ini pasti keren banget dech”. Lalu browsing ternyata memang benar kalau negara Belanda itu keren. Banyak pioneer yang berasal dari negara ini, mungkin karena inilah biarpun kecil, negara Belanda menjadi super hebat dan berpengaruh di dunia.

Salah satu pioneer dari Belanda yang tiada duanya adalah Cornelis Jacobsz Drebbel, seorang penemu kapal selam. Sebenarnya banyak ilmuwan lain yang berencana membuat kapal selam sebelum beliau, seperti  Leonardo da Vinci (1452-1519) dan William Bourne (1578). Namun,  Drebbellah (1620) yang berhasil membuat kapal selam. Karena beliau memiliki tekad baja bersungguh-sungguh ingin membuat kapal selam, tidak hanya sekedar merencanakan tanpa melakukan seperti ilmuwan lain. Kapal selam pertama kali yang beliau buat menggunakan desain dari William Bourne, yaitu menggunakan prinsip bahwa kapal dapat tenggelam bila tangki diisi air. Apabila kapal akan dinaikkan ke permukaan, tanki air dikosongkan terlebih dahulu. Kapal selam ini menerapkan hukum Archimedes yang memakai dayung sebagai penggerak.

Kemudian, beliau membuat kapal selam dengan desain seperti susunan dua perahu dan ditutup kulit. Van Drebbel juga membungkus kayu dasar kapal dengan bahan waterproof dan dayung perahu dengan kulit. Penambahan tabung udara dilakukan van Drebbel untuk menyediakan oksigen. Lubang-lubang dayungan dibuat lebih rekat sehingga tidak kemasukan air. Pada uji coba bersama 12 pendayung, kapal ini berhasil menyelam sedalam 360-450 cm di bawah Sungai Thames, London, selama 2-3 jam.

regas 3

Kapal selam ketiga, yang dibuat van Drebbel mempunyai enam dayung dan dapat menampung 16 penumpang. Kapal itu dapat menyelam selama tiga jam dan belayar hingga 12-15 kaki (4-5-meter) di bawah permukaan air. Kapal berkecepatan 18 km/jam ini diuji coba di Westminster menuju Greenwich pulang pergi. Kapal selam berbentuk cerutu ini menggunakan hidrodinamik yang dapat mengurangi hambatan ketika tenggelam.

Saat ini, kapal selam Drebbel ini dimanfaatkan untuk tujuan militer (perang) seperti sebagai kapal untuk mengintai musuh dan patroli wilayah suatu negara. Padahal sebenarnya Drebbel yang suka damai tidak ingin kapal selam buatannya menjadi alat pembunuh. Selain itu, kapal selam dapat digunakan untuk kepentingan nonmiliter seperti untuk penelitian alam bawah laut dan keperluan wisata, seperti melihat-lihat pemandangan alam bawah laut.

   

Mengambil pelajaran dari Drebbel, mungkin kita sudah tidak bisa menemukan kapal selam lagi karena sudah ditemukan beliau. Namun kita masih tetap bisa menjadi pioner dalam hal apapun. Tentu masih banyak hal yang bisa kita temukan di dunia ini, penemuan yang belum ditemukan oleh siapapun. Penemuan yang sangat berharga bagi dunia seperti penemuan kapal selam ini. Marilah kita berubah, berubah untuk menjadi pionner, paling tidak pioner untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Untuk menjadi pioner harus diawali dengan dimilikinya rasa ingin tahu yang besar, kegigihan, sekalipun badai menghadang tidak ada keinginan untuk menyerah dalam mewujudkan cita-cita. Pokoknya kita yakin bahwa kita bisa. Semangat3 ^_^

Referensi
http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2010/02/fisikawan-belanda-kamerlingh-onnes.html
http://belajar.kemdiknas.go.id/index5.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Pengetahuan%20Populer/view&id=219&uniq=1707
http://www.adityarizki.net/tag/penemu/
http://alekvsleak.blogspot.com/2013/04/penemu-kapal-selam-berasal-dari-belanda.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s