KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#047 Belanda, benar-benar pioner sejati untuk Masa Depan!!!

2 Comments

Oleh Regas Febria Yuspita 

Aku pikir Belanda memang benar-benar negara yang full dengan pioner sejati, baik pioner di masa lalu tentang penemuan-penemuannya maupun pioner yang berkaitan dengan masa depan, masa yang belum dilakukan oleh kita. Semuanya kelihatan mudah dan terencana, ketika Belanda mengemukakan ide-ide mereka tentang masa depan. Mereka benar-benar memiliki inovasi yang canggih dalam segala hal tak hanya teknologi, sosial budaya maupun pemikiran mereka.

regas 1

Sebagai contoh salah satu perusahaan asal belanda sebagai pioner dalam merencanakan sebuah perjalanan ke planet Mars. Perjalanan ke Mars ini sejauh 40 juta mil atau sekitar 200 hari dengan atmosfer Mars terdiri dari 95 persen karbon dioksida, dan suhu berkisar dari 35C ke minus 135C. Benar-benar berbeda dengan bumi ini. Maka dari itu, begitu saya mendengar berita ini, saya berdetak kagum dan mengatakan ”keren”. Saya mau dong ke Mars.he

Perusahaan Belanda yang bernama Mars One lah yang berencana mewujudkan impian banyak orang untuk hidup di Planet Mars pada tahun 2023. Berita ini bukanlah isapan jempol semata, karena rencana Mars One ini didukung sepenuhnya oleh Guru besar fisika teori Gerard ‘t Hooft, pemenang Nobel tahun 1999, dan Paul Römer, pencetus ide dan produser Big Brother, sebagai duta besar proyek Mars One.

Penerbangan ke Mars ini akan menggunakan rudal teknologi SpaceX Falcon 9 Heavy. Kendaraan dan ruangan sebagai tempat tinggal akan dibangun Thales Alenia Space. Kemudian, saat mendarat di Mars akan menggunakan varian the SpaceX Dragon. Selain itu untuk inflatable habitat (tempat tinggal bagi penjelajah ruang angkasa) akan dibangun ILC Dover.

regas 2

Untuk mempersiapkan perjalanan ke Mars, mulai tahun 2013 perusahaan milik Bas Landor ini telah melakukan seleksi dan pelatihan astronot di gurun selama berbulan-bulan. Hal ini dilakukan karena planet Mars terdiri dari lanskap tandus dan berkawah Tahun 2016, peluncuran satelit komunikasi dan misi cadangan makanan (2.500 kilo makanan) ke mars. Tahun 2018, pengiriman eksplorasi robotik yang digunakan untuk mencari lokasi pemukiman terbaik di planet Mars. Tahun 2021, pengiriman unit tempat tinggal, life supports dan unit cadangan kedua. Tahun, 2022, pemilihan Empat astronot yang terpilih akan berangkat ke Mars. Tahun 2023, pendaratan di Mars dan pembangunan pemukiman serta penyiaran mereka di Planet Mars. Setiap peserta akan diberikan unit tempat tinggal, angkutan di Mars dan pakaian luar angkasa buatan Paragon. Selain itu, mereka juga akan diberikan Rover Vechicle (kendaraan berukuran sebuah mobil kecil dan memiliki 12 roda yang membuatnya bisa bergerak ke arah mana saja di Bulan), kendaraan ini dibuat oleh MDA Space Missions. Setelah tahun 2023, rencananya tiap dua tahun sekali akan mengirimkan empat orang lagi sehingga pada 2033, diperkirakan akan memiliki 20 pemukim.

Semua kegiatan dari tahun 2013- 2023 akan disiarkan secara langsung lewat siaran televisi dan internet. Anggaran senilai 5 miliar euro ini seluruhnya akan dibiayai oleh reality show dunia. Maksudnya, seluruh proses seleksi peserta akan dilakukan seperti pemilihan pemenang reality show (indonesian idols ato x–factor, dll). Syarat menjadi peserta adalah menguasai teknologi, kesehatan dan psikologi, dan cukup menarik untuk tampil di layar tv.

Tertarik menjad pioner pertama untuk pergi ke Mars!! Kalau saya sangat tertarik, coba kalo saya bisa ke Mars tentu saya akan menjadi pioner pertama ke Mars bagi Indonesia

Referensi

http://www.tempo.co/read/news/2013/01/10/061453423/Dicari-Sukarelawan-untuk-Menetap-di-Mars-Berminat
http://beritaupdet.blogspot.com/2012/10/mimpi-tinggal-di-planet-mars-akhirnya.html
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/plan-tahun-2023-manusia-direncanakan-bisa-menetap-di-mars.htm#.UXCSc9hxoYt

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#047 Belanda, benar-benar pioner sejati untuk Masa Depan!!!

  1. Memang hebat!
    Ilmuan sejati tak pernah lelah.

    Gandrung Riset

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s