KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#041 Jasa VOC yang Masih Hangat Terasa

Leave a comment

Oleh Maryam Khairunissa

Pasti Anda sudah familiar dengan gambar ini bukan? Di bulan April 2013 ini, siapa yang tidak mengenal istilah restoran cepat saji? Menghidangkan menu makanan yang ‘anak muda’ membuat restoran cepat saji dilirik oleh semua kalangan dan mampu menjadi salah satu usaha tersukses di dunia. Penyebaran restoran cepat saji secara merajalela memungkinkannya ditemukan di segala sudut kota di banyak negara. Salah satunya di Indonesia. Mungkin kalian heran, lalu apa hubungannya dengan Belanda?

Memang restoran-restoran cepat saji ini tidak ada hubungannya dengan Belanda. Namun bila kita telusuri, Belanda memiliki peranan penting dalam perkembangan restoran cepat saji. Ibarat sebuah pohon besar, restoran cepat saji dan berbagai produk lainnya adalah pucuk daunnya. Dan Belanda adalah bibitnya. Mengapa dapat dikatakan demikian? Setelah saya telusuri, produk-produk ini dapat berkembang karena mereka menganut sistem perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional atau PMN adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.

Namun tahukah Anda, bahwa pencetus ide perusahaan multinasional adalah Belanda? VOC yang sudah terlalu akrab di telinga kita adalah perusahaan multinasional pertama di dunia. VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) didirikan pada 20 Maret 1602 oleh para pedagang Belanda yang singgah di Indonesia. Di masa itu, terjadi persaingan sengit di antara negara-negara Eropa, yaitu Portugis, Spanyol kemudian juga Inggris, Perancis dan Belanda, untuk memperebutkan kuasa perdagangan di Asia Timur. Untuk sementara waktu, melalui VOC bangsa Belanda masih menjalin hubungan baik bersama masyarakat Nusantara.

Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari ide ini. Dimulai dari kerjasama yang dibangun antar negara, distribusi dagangan yang merata, memudahkan modernisasi dunia, dan lain sebagainya. Sehingga kita dapat mencari informasi di belahan bumi yang lain dengan hanya duduk di depan komputer, menikmati menu restoran cepat saji yang berada di sudut kota, bereksplorasi dengan gagdet terbaru, dan segala aspek dasar kehidupan dapat dinikmati dengan adanya perusahaan multinasional ini.

Bayangkan bila Belanda tidak mencetuskan gagasan luar biasa ini! Anda mungkin tidak akan pernah membaca tulisan saya ini karena komputer atau laptop sulit didapat. Sekalipun Anda ingin memilikinya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harus membeli di negara asalnya. Bayangkan bila telepon genggam tidak menyebar secara merata, Anda mungkin harus selalu menulis sepucuk surat untuk dapat berbincang dengan kekasih Anda. Bila ini berlanjut, kita mungkin akan selamanya terbelenggu dengan ke-primitiv-an. Terima kasih Belanda atas gagasan luar biasa ini.

Referensi

http://dwianggraini2416.blogspot.com/2011/11/perusahaan-multinasional.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Vereenigde_Oostindische_Compagnie
http://vecto.rs/design/cartoon-vector-of-a-happy-boy-writing-letter-to-santa-by-ron-leishman-29771
http://www.majhost.com/cgi-bin/gallery.cgi?i=2131324
http://www.pcworld.com/article/2018594/how-to-buy-the-best-laptop-in-the-age-of-windows-8.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s