KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#040 Amsterdam Smart City

6 Comments

Oleh Siagian Priska Cesilia Rosida 

Apa yang kalian tahu tentang Amsterdam? Kota dengan 160 kanal dan lebih dari 1.250 jembatan. Nah mulai hari ini tambahkan satu definisi lagi yaitu Amsterdam Smart City (ASC).

Sebagai kota yang sangat ‘sibuk’ Amsterdam menghasilkan banyak sekali karbondioksida (Co2). Maka pemerintah pun menargetkan mengurangi 40 % emisi karbondioksida hingga 2025. Caranya?

Jawabannya sederhana, libatkan semua elemen masyarakat, mulai dari masyarakatnya, pemerintah, pelaku dunia usaha, hingga pengembang teknologi. Sepertinya mereka percaya berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing.

Alhasil sejak 2009, pemerintahnya bernazar menjadikan ibukota Belanda ini sebagai kota yang hemat energi, berudara bersih, tapi masyarakat urbannya tetap tidak berjarak dengan teknologi. Maka lahirlah sebuah inisiatif Amsterdam Smart City yang dipelopori oleh Amsterdam Innovation Motor, pemerintah Amsterdam, dan Liander.

Bagaimana caranya ngajak orang-orang dengan beragam kepentingan untuk bisa ikutan diproyek ASC? Gampang, kaitkan saja reduction Co2 emssion dengan kata berhemat. Orang Belanda yang displin dan efisien tentu menyukai ide-ide yang berhubungan dengan berhemat.  

Hasil pemetaan masalah disimpulkan ada 4 aspek yang berkontribusi langsung menciptakan emisi karbondioksida. Jadi 4 aspek yang harus di- ‘facelift’ habis-habisan yaitu living, working, mobility, dan public facilities. Sampai hari ini sudah ada 16 proyek dilakukan dengan melibatkan 70 lembaga pemerintah, swasta, dan komunitas. Beberapa proyek itu adalah :

LIVING → Untuk area ini targetnya membuat orang Amsterdam menghemat energi di tataran rumah tangga. Contohnya proyeknya adalah Energy Management Haarlem. Proyek ini memiliki software khusus untuk menghubungkan semua alat listrk yang ada di rumah. Pemilik rumah bisa melihat bagaimana pola konsumsi energinya selama 24 jam melalui website. Mereka akan mengetahui alat-alat mana saja yang boros listrik dan enaknya alat tersebut bisa dimatikan secara jarak jauh. Cukup klik tombol swich off via website. Jadi kalau lupa mematikan lampu kamar mandi misalnya, sekali klik lampu pun mati.

 

WORKING → Salah satu proyek besar di area ini melibatkan gedung perkantoran seluas 38.000m2. Gedung itu adalah ITO Tower. Gedung ini ‘dijejali’ oleh beragam perusahaan dengan berbagai kebutuhan energi. Maka dibuatlah teknologi sensor cerdas yang dapat membaca kebutuhan setiap ruangan terhadap penerangan lampu, penghangat atau pendingin ruangan. Alhasil pemakaian energinya lebih efisien.

MOBILITY → Survei ngebuktiin 30% waktu orang Amsterdam dihabiskan di JALAN karena MACET! Selain bikin bete, macet juga bikin polusi dan ngabisin lebih banya bahan bakar. Dibuatlah proyek Smart Work Center @Ijburg yang membuat kantor ‘bayangan’ di dekat rumah warga. Jadi tidak semua orang numplek di jalanan. Segala macam fasilitas tersedia agar nyaman bekerja dan bisa dipakai secara GRATIS!!!

 

Public Facilities → Fasilitas umum seperti kolam renang, lapangan sepakbola atau lapangan hockey juga ambil bagian. Didesain manajemen penggunaan energi seperti mengganti lampu-lampu dengan lampu LED yang ber-watt kecil tapi sangat terang. Alhasil penggunaan energinya pun lebih efisien.

 

Dan keseriusan Amsterdam untuk membuat proyek-proyek cerdas lainnya terus berlanjut. Bahkan keseriusannya telah menyabet gelar “City Star Award 2011” dari European Commission’s annual Regio Star Awards. Amsterdam dinilai berhasil secara stimultan melibatkan semua elemen kota berperan aktif dalam memelihara bumi. Jadi, sudah siap berkunjung ke Amsterdam Smart City? Saya, siap 1000 persen!

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

6 thoughts on “#040 Amsterdam Smart City

  1. keren priskaa! good luck for us both!!

  2. Good reading!! cara nulisnya juga ngalir dan ga bosenin !🙂 All the best, Priskaaa🙂

  3. Makasih Nida dan Irene…..semangka…semangat kaka😀

  4. smart work centre itu kelihatannya menarik..🙄

  5. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s