KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#039 Belanda Tak Selebar Daun Kelor

Leave a comment

Oleh Venty Pratiwi

Itulah yang pantas untuk dijuluki di negeri Belanda, karena Negara Belanda yang memiliki luas wilayah seluas 41.526 km2 (lebih kecil dengan luas wilayah Indonesia yaitu seluas 1.919.440 km2). Negara ini juga memiliki jumlah penduduk sekitar 16.607.543 jiwa (lebih sedikit dengan jumlah penduduk Negara Indonesia kita ini yaitu sekitar 238.452.952 jiwa). Dari sekian penduduk Belanda beberapa pioneer asal kincir angin tersebut pernah tinggal di Indonesia terbukti dengan salah satu pioneer yaitu usut punya usut siapa yang tak mengenal Anton Herman Gerard Fokker yang merupakan Seorang pelopor penerbangan dan produsen pesawat terbang Belanda – Amerika. Pantas untuk dijuluki “Belanda tak selebar daun kelor” karena pioneer asal Belanda ini di masa kecilnya pernah tinggal di Indonesia terbukti dengan Tanah kelahirannya adalah Blitar, Jawa Timur 6 April 1890. Waktu itu Blitar masih masuk dalam wilayah Karesidenan Kediri. dimana ayahnya, Herman Fokker Sr, adalah seorang pemilik perkebunan kopi. Pada usia empat tahun, dia dibawa pulang ke Amsterdam untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Pioneer asal Belanda ini sangat piawai terbukti pada tahun pada tahun 1912, dia mendirikan perusahaan pertamanya, Fokker Aeroplanbau di Berlin, Jerman, kemudian berpindah ke Schwerin.  Fokker mendirikan perusahaan Fokker Aeroplanbau dengan usaha menjual pesawat terbang dan memberi pelajaran terbang, sekarang pabriknya bersebelahan dengan Bandara Schiphol, Amsterdam pada tahun 1951. Di sana, beberapa kapal terbang tentara dibangun di bawah lisensi, antara lain dari F-104 Starfighter Lockheed.

Pada usia 20, dia telah membuat kapal terbang pertamanya yaitu kapal terbang buatan Belanda yang pertama terbang di negara asalnya, Fokker terbang mengitari gereja Kota Haarlem di atas langit Amsterdam, Menggunakan Spin (laba-laba) pesawat bermotor kecil, bertepatan dengan hari ulang tahun Ratu Belanda 31 Agustus 1911.

Kemudian karena kepiawaiannya itu Usahanya menarik perhatian kalangan militer Kekaisaran Jerman. Ketika pecah Perang Dunia I, Fokker telah menjual hampir 4000 pesawat kepada militer, belum termasuk rancangannya yang telah dibuat oleh pabrik-pabrik pesawat terbang yang lain yang kemudian tercatat sekitar 40 jenis pesawat. Pesawat-pesawat buatan Fokker yang terkenal seperti Eindecker Monoplanes, Fokker Triplane dan Fokker D.VII.

Venty-Fokker

Fokker

 Lalu pabriknya dihancurkan pada Perang Dunia II, dan kemudian bangkit kembali melalui peran pewarisnya yang membangunnya perlahan demi perlahan dan menjadi perusahaan industri pesawat yang cukup diperhitungkan di dunia kedirgantaraan, Tahun 1996, pabrik fokker bangkrut. Meski demikian, armada Fokker tetap beroperasi di seluruh dunia. industri pesawat yang di Belanda tidak ikut mati, tapi terus bergulir memasuki era modern terbukti dengan Beberapa mantan pegawai, yang bersatu dalam sebuah nama baru, Rekkof, sekarang sedang memperbarui pesawat Model Fokker F100 untuk kembali dipasarkan. Pada Bulan Maret 2011 lalu, mereka mencapai kesepakatan dengan pemerintah Brasil untuk mendirikan pabrik di Kota Anapolis. Kalau pabrik itu mulai beroperasi, Fokker akan kembali Berjaya Seperti seratus tahun lalu, tak ada kata terlambat walau sudah berada dibawah sekalipun untuk bangkit kembali inilah digambarkan oleh Fokker.

Lalu di Indonesia bekerjasama dengan Belanda salah satunya adalah perusahaan pertama yang memakai pesawat Fokker adalah Pertamina, yang diterbangkan oleh Mayor Purn Sudarjono. Selanjutnya pesawat yang dibeli Pertamina ini diminta Fokker untuk menjadi pesawat promosi ke negara-negara Asia.

 

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s