KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#033 Totalitas dalam Total Football

2 Comments

Oleh Busyra Oryza

Tim nasional Belanda

Hampir seluruh penduduk di di dunia menyukai olahraga yang satu ini. Apakah olahraga yang dimaksud? Ya, sepak bola. Dengan fans lebih dari 3,5 milyar manusia dari berbagai negara, sepak bola telah menjadi olahraga paling favorit di dunia. Sebut saja mulai dari seri liga sampai piala dunia ajang kompetisi ini selalu dinantikan oleh fansnya masing-masing.

Sepak bola modern berawal di Inggris

Permainan sepak bola berawal dari negara Inggris pada tahun 1863. Selanjutnya, seperti yang kita ketahui sekarang, sepak bola telah berkembang dan berevolusi menjadi olahraga paling favorit di dunia. Ada banyak taktik dan strategi dalam sepak bola. Mungkin strategi yang sering diperbincangkan adalah strategi dari FC Barcelona yaitu Tiki-Taka. Apa sih sebenarnya Tiki-Taka itu?

Permainan Tiki-Taka FC Barcelona

Tiki-Taka adalah gaya permainan dalam sepak bola yang memiliki karakteristik dengan passing pendek dengan bola-bola rendah, olah bola melalui berbagai arah dan selalu mempertahankan ball possession. Gaya permainan ini selalu menjadi tontonan menarik karena temponya yang cepat dan akurasi pada setiap passingnya yang tinggi. Orang dibalik Tiki-Taka adalah Johan Cruyff, seorang legenda sepak bola yang lahir pada tahun 1947 di Amsterdam yang sempat menjabat menjadi manajer dari FC Barcelona dari tahun 1988-1996.

 

Johan Cruyff saat membela Belanda

Sejarah Tiki-Taka ternyata berakar dan diadaptasi dari gaya permainan sepak bola Belanda yang dikenal dengan Total Football. Total Football adalah gaya permainan yang selalu menyerang dengan pergerakan pemain yang saling menggantikan posisi satu sama lain. Jadi, setiap pemain bisa menjadi penyerang ataupun pemain bertahan. Satu-satunya pemain yang tetap pada posisinya adalah posisi kiper. Selanjutnya gaya permainan ini diadaptasi menjadi Tiki-Taka dan mulai diterapkan saat Pep Guardiola yang sempat dilatih oleh Johan Cruyff menjadi pelatih FC Barcelona. Sampai saat ini Tiki-Taka terbukti sukses menghantarkan FC Barcelona memenangkan 6 trofi dari tahun 2008-2009 dan Piala UEFA Liga Champions tahun 2008-2009 dan 2009-2010.

Kesuksesan dan keterampilan Johan Cruyff memang tidak perlu diragukan lagi. Ia telah berkontribusi banyak di dunia sepak bola sampai-sampai FIFA memberikan penghargaan FIFA Order of Merit, yakni penghargaan tertinggi dari FIFA pada tahun 2010. Satu hal lagi yang unik adalah pemberian nama asteroid sesuai dengan namanya yakni 14282 Cruijff pada tahun 2010.

Johan Cruyff saat ini menjabat sebagai manajer  Catalonia

Sebagai pemain bintang di rumput hijau, Johan Cruyff telah menjadi ikon bagi negeri Belanda. Kesuksesan Johan Cruyff terletak pada dedikasi dan totalitas yang tinggi terhadap passion yang dimilikinya sehingga dirinya menjadi legenda sepak bola.

Belajar dari sosok Johan Cruyff, sebagai generasi muda bangsa Indonesia kita harus bisa berkontribusi kepada kemajuan bangsa dengan berkarya di bidang yang kita cintai dan berkarya dengan semaksimal mungkin sehingga pada akhirnya apa yang telah kita kerjakan dapat berguna dan dapat dikenang oleh orang lain.

Love What You Do and Do What You Love – Ray Bradbury

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#033 Totalitas dalam Total Football

  1. baru tau kalo tiki-taka ternyata diadaptasi dari total football

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s