KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#030 Minum Susu, Sehat ala Belanda

Leave a comment

oleh Muhammad Ikhsan Mahar

(fredhoogervorst.com)

Minum susu bagi sebagian orang Indonesia adalah hal mewah. Namun tidak begitu dengan Belanda. Kegemaran mereka mengomsumsi susu telah membawa negara, yang memiliki populasi sekitar 16 juta penduduk ini, dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat kesehatan penduduk yang tinggi. Bagi orang Belanda, susu merupakan asupan wajib harian, mulai dari sarapan hingga mereka menjelang tidur. Bahkan di pub kita pun bisa menemui orang minum susu. Selain itu, tidak sekedar sebagai tambahan cereal, mereka juga mencampurkan susu pada secangkir teh atau kopi sebagai penambah nikmat.

Dari data statistik tahun 2007, Belanda tercatat berada di urutan ketiga sebagai negara pengomsumsi susu tertinggi di dunia, dengan jumlah komsumsi 320,15 kg susu per kapita. Hanya kalah dari dua negara Skandinavia, Finlandia dan Swedia. Belanda juga memproduksi berbagai macam jenis susu, seperti susu bubuk dan susu kental manis, namun 100% orang Belanda hanya meminum susu cair. Kedua jenis susu itu mereka pionirkan ke negara-negara nan jauh dari tanah air mereka, contohnya Indonesia. Jadilah di negara-negara dunia ketiga, susu bubuk dan kental manis lebih populer dibanding susu cair yang memiliki kandungan gizi jauh lebih tinggi.

Menetap selama bertahun-tahun di negeri asing otomatis membuat para tentara dan pengusaha Belanda di Hindia-Belanda merasakan homesick, salah satunya kebiasaan minum susu mereka. Hal ini yang membuat pemerintah Hindia-Belanda menggalakkan impor sapi perah asli Belanda yang berasal dari kawasan Friesland, yang memang merupakan pemasok susu perah terbaik di negeri kincir angin itu. Sapi-sapi itu diternakkan di kawasan Bandung (Jawa Barat) dan Petamburan (Jakarta), sehingga pada masa itu Bandung dikenal sebagai pemasok susu utama Hindia-Belanda, sedangkan Jakarta (Batavia) dijadikan promosi wisata bagi pelancong kulit putih pada masa itu sekaligus mengindikasikan kepada mereka bahwa di Hindia-Belanda juga bisa mengomsumsi susu.

Di dunia pun produk susu asal Belanda sangat digemari. Berdasarkan data Rabobank International 2011, perusahaan susu Belanda, FrieslandCampina menduduki urutan kelima sebagai produsen susu terbesar di dunia. Produsen susu ini memiliki peran besar dalam mempopulerkan susu kemasan di kawasan Asia dan Afrika.

Persentase 100% susu cair yang diminum di Belanda ialah susu olahan dari sapi. Sehingga, budaya minum susu yang disebarkan bangsa Belanda semenjak masa kolonialisme di abad 19, menyebabkan persepsi masyarakat dunia bahwa susu sapi ialah susu hewani terbaik. Hal ini diperkuat dengan data WHO pada 2011, yang mengatakan 85% susu komersial berasal dari sapi. Padahal, di Asia Barat dan Asia Tengah susu kerbau dan kambing jauh lebih populer.

Kini, susu telah menjadi pangan syarat sehat di seluruh belahan bumi. Belanda, dengan perannya sebagai salah satu penyebar kebiasaan minum susu, telah mengajak dunia untuk hidup sehat. Meskipun masih banyak mitos-mitos negatif tentang susu, toh Belanda telah membuktikan susu mampu membuat mereka termasyur selama berabad-abad.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s