KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#026 Dubai Punya Pulau Palm, Belanda akan Punya Pulau Tulip

3 Comments

Oleh Fahrozi

Belanda? Ya, orang Indonesia pasti mengenal belanda, siapa yang tidak tahu Negara belanda, Negara yang pernah menguasai kepulauan nusantara berabad-abad pada era kolonialisme dan imperalisme.

Belanda merupakan Negara dengan 70 persen wilayah memang berada di bawah permukaan laut dan dilewati tiga sungai besar yaitu Sungai Rhien, Waal, dan Maas (Meuse) yang berpotensi menyebabkan banjir. Selain itu, aliran  air Sungai Rhien memang sudah diprediksikan akan meningkat 12,5 persen dalam beberapa tahun ke depan. Makanya sekarang belanda lagi melakukan kreativitasnya dalam penanggulangan tentang perairan salah satunya yang sangat terkenal sekarang adalah tentang trend system bangunan terapung dinegara belanda.

Selain dari pada trend system bangunan terapung dinegara belanda, belanda juga terkenal dengan kincir angin dan bunga tulip yang sangat indah. Bunga tulip menjadi bunga nasional dinegara belanda.Tulip (Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Dan juga Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip.

 

Selain dari keindahan yang muncul dari bunga tulip, bunga tulip ini dijadikan kebun dan dari situ dijadikan tempat wisata oleh pemerintah belanda, Bunga khas dari Negeri Kincir Angin ini bahkan menjadi salah satu andalan komoditi ekspor Belanda. Bahkan untuk menarik pembeli, negara produsen bunga hias terbesar di dunia rutin menggelar festival bunga.Tahun 2007 kemarin “Holland Flower Festival” digelar di Wervershoof dengan menampilkan tak kurang dari 150 ribu jenis bunga aneka bentuk dan warna. Primadona pameran kali ini tetap bunga Tulip.

Industri bunga potong di Belanda memang sudah tumbuh menjadi tulang punggung ekonomi negara. Belanda meraup devisa US$ 2,4 miliar hanya dari ekspor langsung bunga. Angka ini melonjak menjadi US$ 13 hingga 20 miliar bila nilai penjualan melalui sistem lelang digabungkan. Sentra perkebunan Tulip terletak di wilayah utara Negeri Kincir Angin. Hampir tiap tahun lahir varian baru bunga Tulip, di antaranya menggunakan nama orang terkenal.

Penelitian ilmuwan Universitas Cranfield menyebutkan kebun mawar yang dibudidayakan di Kenya memiliki emisi karbon lima kali lebih rendah ketimbang kebun bunga di Belanda. Pasalnya industri bunga di Belanda menggunakan banyak energi untuk menghangatkan rumah kaca,    Negara belanda tidak berhenti melakukan kreativitasnya dalam segala bidang makanya negar belanda semakin maju. Belanda sudah menjadi pengahsil bahan makanan, kimia, otomotif dan elektronik,negara belanda belum puas dan ingin menjadi lebih maju dan berkembang,

Belanda mempunyai ambisius kedepan untuk membuat sebuah pulau .Di tepi pantai yang menghadap ke Laut Utara, Belanda berniat membuat pulau baru berbentuk tulip, bunga nasionalnya. Pulau yang meniru konsep Dubai dengan pulau-pulau resor itu dibangun untuk mengatasi kepadatan penduduk dan membentengi garis pantai dari arus pasang laut. Namun karena krisis ekonomi, pembangunan pulau tulip terlalu mahal. Lalu yang diutamakan adalah penguatan tanggul dan pantai.

TERUS JADINYA APA???

Yang jadi dibangun adalah pulau tulip mini. Pemkot Zeewolde membuat rencana pembangunan pulau tulip, tapi di dekat sebuah danau. Kepala tulipnya sebesar lapangan bola, tempat dibangun hotel, restoran dan kafe dengan pantai dan pelabuhan kecil untuk pelayaran pesiar. Tangkai bunga tulip menjadi kawasan alam dan burung-burung. Biayanya 4 juta euro. Direncanakan akan selesai pada 2014.

Pulau palm dubai

Rencana Pulau tulip belanda

REFERENSI

http://news.liputan6.com/read/138139/tulip-salah-satu-andalan-komoditi-ekspor-belanda
http://www.tempo.co/read/news/2007/12/12/061113586/Tulip-Raksasa-di-Laut-Utara
http://vensieve.blogspot.com/2010_04_01_archive.html
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/nasib-proyek-proyek-mercusuar-belanda
www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/nasib-proyek-proyek-mercusuar-belanda
http://homebagus.blogspot.com/2013/02/tempat-wisata-menarik-di-seluruh-dunia.html

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

3 thoughts on “#026 Dubai Punya Pulau Palm, Belanda akan Punya Pulau Tulip

  1. nahhh klo indonesia punya pulau apa?😀

  2. subhanalloh benar-benar indah sekali (y)

  3. kalo indonesia punya pulau apa gan?
    terimakasih😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s