KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#021 Progress in Perfection

Leave a comment

Oleh Gisela Raras Kusumaning Natali

Surga teknologi dan pendidikan. Itulah hal yang terbesit dalam benak ketika mendengar kata Belanda terucap.  Surga tersebut tidak hanya dirasakan oleh sekelumit penduduknya, namun juga dunia.  Baik teknis maupun logis, negara ini dapat dikatakan pionir di berbagai bidang. Tidak hanya teknologi dan pendidikan, keselarasan hubungan sosial dan budaya tak dapat dipandang sebelah mata.

Berbagai penemuan yang berdampak positif bagi kemajuan dunia ternyata berasal dari negeri tulip. Mikroskop, pengembangan tulip sampai menjadi sebuah industri, hingga mega struktur Deltawerken menjadi kebanggaan negara yang berpenduduk relatif sedikit ini.

Kepioniran Belanda terbukti dengan pembangunan bendungan pertama milik Belanda yaitu Afsluitdijk 1000 tahun silam. Pembangunan bendungan ini didasari karena banjir besar Belanda yang tak kunjung berhenti. Mengapa banjir tersebut bisa terjadi di negara semaju Belanda? Hal ini disebabkan karena Belanda adalah negara dengan keadaan alam yang sungguh unik. Permukaan daratan tertinggi di Belanda hanya 321 meter di atas permukaan laut, sedangkan yang terendah adalah 6.76 meter di bawah permukaan laut!

Konsep bendungan Afsluitdijk ini adalah menguras dan mengeringkan air laut. Pengeringan dilakukan melalui pompa dan kanal – kanal. Afsluitdijk merupakan proyek konstruksi yang sangat hebat serta mampu membelah Laut Selatan, dan menghubungkan dua propinsi yaitu Noord Holland dan Friesland.

Letak bendungan Afsluitdijk

sumber: http://www.autoped.nl/afsluitdijk/frame-route-engels.html

Kemajuan Belanda dalam pembangunan bendungan tak berhenti sampai disini. Proyek mega struktur bendungan Deltawerken menjadi keistimewaan Belanda dalam hal pembangunan bendungan selanjutnya. Deltawerken menjadi istimewa karena dibangun melawan arus air laut, gelombang, dan dengan kontur tanah bervariasi. Belanda bekerja sama dengan ahli dari berbagai bidang seperti ahli geologi dan teknik sipil yang menguasai bidangnya.

Letak Deltawerken

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/File:Deltawerken_na.png

Deltawerken

sumber:http://www.getbig.com/boards/index.php?action=dlattach;topic=150719.0;attach=167800;image

Proyek yang berlangsung 50 tahun ini, secara tidak langsung juga menciptakan efek tata kota di Belanda yang indah. Seperti kanal – kanal dan jalur transportasi air yang mengesankan bagi yang pertama kali melihatnya.

 Kanal di Amsterdam

sumber: http://allthingseurope.tumblr.com/post/40012811715

Proyek Deltawerken juga ternyata menghasilkan konsep penanganan banjir baru yaitu Delta Norm. Delta Norm bekerja dengan melakukan penelitian awal atas daerah – daerah yang terkena banjir. Penelitian ini dilakukan dengan mendata kerusakan terhadap properti, kerugian produksi,dan jumlah korban jiwa. Pembangunan awal bendungan dan tanggul pun kemudian difokuskan di daerah-daerah tersebut.

Melalui proyek terbesar ini, Belanda masih terus memperkuat bendungan yang telah dibangun dengan mempertimbangkan kenaikan air laut dan cuaca ekstrim akhir – akhir ini.

Melihat kemajuan dalam kesempurnaan Belanda di bidang teknologi,  Indonesia dapat belajar dari negeri ini. Mungkin banjir di Jakarta yang tidak teratasi selama bertahun – tahun dapat dihilangkan dengan konsep emas dari negara berjuluk negeri bendungan di Eropa Barat ini.  Pertahankan dirimu sebagai pionir konstruksi Belanda!

Referensi

http://property.okezone.com/read/2013/01/25/471/751638/bendungan-pertama-di-belanda-dibangun-1-000-tahun-lalu
http://www.deltawerken.com/Deltaworks/23.html
http://lenidisini.wordpress.com/2010/04/07/belanda-banjir-dan-delta-works/
http://pengairan.purworejokab.go.id/maeslantkering-salah-satu-keseriusan-negeri-belanda/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s