KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#020 Kincir Angin Belanda sebagai Inovasi Dunia

Leave a comment

Oleh Hermawan Candra Kusuma

Menjadi bagian dari pembangunan merupakan impian besar orang yang ada diseluruh dunia. Belanda adalah slah satu Negara yang memberikan pengaruh besar terhadap perubahan didunia. Salah satu conth yang sangat nyata adalah adanya kincir angin dibelanda yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik ataupun penggiling padi. Meskipun kabarnya kincir angin tidak mutlak berasal dari belanda, yang saya ketahui adalah dari Persia, tetapi Belanda sangat bisa memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya, kabarnya dibelanda sepanjang tahunnya terus ditiup angin baik dalam musim panas, dingin, semi maupun gugur. Dengan pemikiran kreatif, para orang belanda memanfaatkan hal tersebut dengan memanfaatkan adanya kincir angin sebagai pembangkit listrik, penggiling jagung dan padi, ataupun untuk keperluan industri lainnya. Pada saat ini ada banyak negara Negara yang akhirnya juga memanfaatkan angin sebagai pembangkit listrik. Hal ini adalah yang disebut sebagai perintis yang mampu mengubah dunia.

Kekreatifitasan dan mampu memanfaatkan potensi yang ada disekitarnya, dan juga memanfaatkan potensi yang gratis dalam cara memperolehnya menjadi modal belanda selangkah didepan Negara lain. Karena banyaknya kincir angin yang ada dibelanda, Negara inipun dijuluki sebagai negeri kincir angin. Tidak sampai disitu saja, belanda mampu memanfaatkan julukan tersebut sebagai salah satu income Negara yaitu dari sector pariwisata. Ya, Belanda banyak membuka obyek rekreasi yang bertemakan Kincir angin, antara lain adalah sebagai berikut : 

Zaanse Schans

Di Zaanse Schans ini, kamu bisa menemukan banyak jenis kincir angin. Kabarnya, kincir angin yang berada di Zaanse Schans ini membantu proses pengalihan air di daerah Belanda Utara (Noord-Holland, red.).

Kinderdijk

 

Kincir angin yang berada di Kinderdijk kebanyakan digunakan sebagai alat pemompa air. Dari 1000 yang tersisa di Belanda, 19-nya berada di Kinderdijk. Kincir angin tersebut tertata rapi sehingga menghasilkan pemandangan menarik untuk pengunjungnya. Banyak lukisan dan fotografi di buat di sini, karena lokasi ini sangatlah indah untuk dilihat terutama pada saat matahari terbenam(Noord-Holland, red.).

Bagaimanakah tentang semua ini? Pioner ataupun yang sering kita sebut dengan perintis adalah hal yang sangat bermanfaat bagi semua orang didunia, berawal dari pemikiran, pemanfaatan, dan pengembangan, semua bisa diwujudkan.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s