KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#019 Empat Universitas Belanda Terkemuka

Leave a comment

Oleh Eko Suryanto

Belanda, sejak zaman dahulu telah memanfaatkan alam untuk memperingan pekerjaan manusia. Hal ini dapat kita temui pada bangunan khas negara ini yaitu kincir angin yang penggunaannya telah meluas, dari untuk memenuhi kebutuhan air, pertanian, hingga industri.

Fenomena di atas menunjukkan bahwa negara Belanda telah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk perkembangan ekonomi negaranya. Respon positif muncul dari tenaga kependidikan Belanda dalam membangun perguruan tinggi yang berpengaruh di kancah dunia internasional. Diantaranya yaitu empat universitas Belanda yang menduduki peringkat 100 besar universitas terbaik di dunia; Universitas Utrecth, Universitas Amsterdam, Universitas Teknologi Delft, dan Universitas Groningen.

 

Empat universitas teratas di Belanda

(Sumber: http://www.webometrics.info)

 Utrecth University (www.uu.nl)

Universitas yang didirikan 1636 ini merupakan universitas tertua dan terbesar di Belanda. Shanghai Rankings of World Class Universities menempatkan Utrecht University pada peringkat pertama universitas di Belanda, peringkat dua belas di Eropa dan peringkat 48 di dunia. Mahasiswa dari 130 negara telah terhimpun dalam universitas ini, sesuai dengan program studi yang mencakup semua

Universitas Utrecth memiliki strategi tersendiri untuk memajukan penelitiannya yaitu kolaborasi antar peneliti di dalam maupun di luar universitas. Kolaborasi dalam universitas berupa pengelompokan focus kajian, sehingga peneliti dapat bertukar pikiran dan melakukan riset dengan mutu yang sangat baik. Kolaborasi luar universitas dilakukan dengan lembaga terkait dengan riset yang dijalankan oleh peneliti. Selain itu, universitas ini juga menyediakan sarana pengetahuan yang diperlukan, bahkan sampai dana penelitian.

 University of Amsterdam (www.uva.nl)

Prestasi yang diraih ialah sebagai universitas peringkat ke 17 di Eropa dan peringkat 56 di kancah dunia telah membawa University of Amsterdam sebagai salah satu universitas terbaik di Belanda. Universitas tertua ketiga di Belanda ini telah membuka tujuh fakultas dengan 250 program studi.

UVA telah terlibat dalan Hogeschool van Amsterdam (HVA), University of Applied Science yang akan memonitoring mahasiswanya ketika tahun pertama. Jika pada tahun pertama mahasiswa mengalami kesulitan atau kesalahan program studi, maka UVA atau HVA akan mengarahkannya pada program studi yang seusai dengan keinginan dan kemampuannya.

 Delft University of Technology (www.tudelft.nl)

Bagi kamu yang suka bidang teknologi, mungkin TUDelft menjadi salah satu pertimbangan. Pernyataan yang dilansir oleh Times Higher Education Supplement (THES) mengenai peringkat universitas dunia tahun 2005, TUDelft menduduki peringkat 15 dari 50 universitas teknologi dunia. Komitmen di bidang teknologi tercurahkan dalan misi universitas untuk berkontribusi signifikan dalam perkembangan solusi bertanggung jawab, baik di Belanda maupun di dunia.

            Kehidupan sekitar kampus TUDelft sangat berbeda dengan universitas di negara lain. Mahasiswa yang ingin mencari tempat tinggal sangat disarankan untuk menghubungi  organisasi yang bergerak di bidang hal ini yaitu DUWO. Mahasiswa baru yang telah mendaftar biasanya ditempatkan  di apartemen kota Roland yang berjarak 10 menit bersepeda, dengan fasilitas yang lengkap. Bersepeda? Iya, karena Negara ini terkenal dengan jumlah populasi sepeda terbesar di dunia. Bahkan pemerintah telah menyiapkan lajur tersendiri bagi pengguna sepeda dengan beberapa peraturan yang terkait.

 University of Groningen (www.rug.nl)

Menurut Pusat Pengembangan Pendidikan Tinggi (CHE) Jerman, universitas ini adalah anggota dari Grup Kesempurnaan universitas terbaik di Eropa. Selain itu, reputasi internasional yang diraih ialah sebagai universitas riset terkemuka dunia. Pengajaran tingkat sarjana dilakukan dengan bahasa Belanda dan Inggris, sedangkan tingkat magister dan doktoral dalam bahasa Inggris.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s