KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#018 Hembusan Udara Pengetahuan Dari Negeri Kincir Angin

Leave a comment

Oleh Akhmad Budiman

Belanda adalah sebuah negara di Eropa. Negara ini terdiri dari 12 provinsi dengan ibukota Amsterdam. Ada 16 juta orang yang tinggal di Belanda menjadi negara paling padat penduduknya di Eropa. Orang Belanda tersebar di seluruh dunia. Banyak orang pindah ke Belanda karena berbagai alasan seperti studi yang lebih tinggi, bisnis, atau untuk berlibur.

Gambar Ilustrasi dari Eurogates.nl

Dalam dekade terakhir ini, beberapa Universitas di Holland menerapkan perubahan struktur penelitian untuk memasukkan program setara dengan kebutuhan pekerjaannya. Untuk siswa lokal, Belanda menawarkan struktur pendidikan tinggi tiga jenjang dan untuk mahasiswa asing yang mereka berikan berupa International Education. Siswa mendaftar untuk Pendidikan Internasional dapat memiliki akses ke semua jenis kursus yang ditawarkan kepada lulusan sarjana lokal.

Kadangkala tidak pernah terbesit dalam diri Kita untuk melakukan perjalanan ke Belanda. Sebaliknya daerah di Negara Eropa lain seperti Inggris, Jerman, dan Roma menjadi pusat perhatian para kaum pecinta sepak bola, bahkan ada yang rela menghabiskan ratusan juta rupiah hanya untuk menikmati pertandingan di lapangan hijau secara langsung.

Kita tidak bisa mengatakan hal-hal yang dilakukan orang hanya untuk menikmati hidup itu tidak ada manfaatnya, sebab yang merasakan secara langsung adalah individu masing-masing yang sangat variatif, untuk keperluan bisnis, misalnya. Terlebih lagi sekarang akses ke luar negeri semakin mudah meskipun hanya beberapa kalangan saja yang mampu melakukannya.

Dimana ada keinginan pasti ada jalan, begitulah kata orang-orang yang telah berhasil meraih impian mereka berkeliling dunia, namun benarkah kita juga bisa mendapatkan apa yang kita harapkan di luar negeri hanya bermodalkan keinginan yang menggebu-gebu? Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu, salah satunya adalah apa tujuan kita pergi ke Luar Negeri?

Dalam kesempatan ini penulis ingin mengupas tentang ketertarikan untuk pergi ke Belanda. Mengapa Belanda? Jujur saja penulis belum pernah menginjakkan kaki sebentarpun di Negara Kincir Angin itu, hanya mendengar dan membaca beberapa tulisan dari rekan-rekan blogger yang telah berpengalaman pergi kesana.

Belanda bisa dikatakan adalah Negara Syurga Bagi Para Pelajar, Jika Anda adalah seorang mahasiswa asing Anda masih bisa belajar di Belanda. Belanda menawarkan lebih dari 1400 program universitas dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang umum digunakan di negara ini. 95% dari populasi menguasai bahasa Inggris.

Studi di Belanda relatif murah dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya di Eropa, biaya belajar serta hidup di Belanda cukup moderat. Inilah sebabnya mengapa itu adalah keputusan yang baik untuk memilih Belanda sebagai tujuan untuk melanjutkan studi di Eropa.

Karena Belanda adalah masyarakat multikultural, mahasiswa asing akan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa kesulitan. Siswa yang belajar di Belanda dapat berhubungan dengan orang Belanda tanpa masalah.

Mahasiswa asing, lulusan dari universitas di Belanda diizinkan untuk tinggal selama satu tahun setelah menyelesaikan program studi pilihan, untuk menemukan pekerjaan yang cocok bagi mereka. Setelah pekerjaan ditemukan, izin kerja umumnya tersedia untuk jangka waktu 5 tahun. Bahkan disana kita juga berkesempatan untuk Kuliah sambil Bekerja.

Siapa yang tidak mau jika punya kesempatan emas seperti ini, namun semua kembali kepada kerja keras kita lagi yang nantinya mampu mendongkrak kreativitas Kita untuk berkembang dan maju serta memperoleh pendidikan yang layak berkelas Internasional.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s