KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#016 Studi ke Belanda, Siapa Takut?

Leave a comment

Oleh Akhmad Budiman

Apakah Anda berencana untuk mengejar program untuk menjadi ilmuwan atau sarjana, atau ingin gelar dalam bisnis, Anda dapat memiliki semuanya. Universitas-universitas Belanda (Holland) memiliki program studi profesional yang sangat baik dan komprehensif yang secara khusus disusun untuk memenuhi requirements dari pasar kerja saat ini.

Ilustrasi Gambar dari Eurogates.nl

Apa Saja yang harus di penuhi sebelum kita bersiap-siap Kuliah ke Belanda?

Persyaratan Pendaftaran
Syarat utama untuk masuk ke program sarjana adalah ijazah sekolah menengah pada tingkat yang sesuai. Mahasiswa asing harus memiliki ijazah yang dinilai setara dengan ijazah minimum yang diperlukan. Ada juga program studi yang menetapkan persyaratan tambahan. Untuk masuk ke program master, pelamar harus memiliki gelar minimal sarjana atau setara. Jumlah tempat terbatas berdasarkan kuota yang telah ditetapkan.

Persyaratan bahasa
Siswa harus lulus tes bahasa Inggris. IELTS dan TOEFL, Skor yang diperlukan minimal 550 (paper based) atau 213 (berbasis komputer) untuk TOEFL. Untuk IELTS skor minimal adalah 6.

Biaya kuliah
Pendidikan di Belanda tidaklah gratis, namun biaya kuliah wajar dibandingkan dengan negara lain. Pemerintah Belanda bertujuan untuk membuat pendidikan tinggi Belanda dapat diakses semudah mungkin untuk mahasiswa dan profesional pertengahan karir dari negara lain. Bachelor dan Master untuk biaya pendidikan program non Uni Eropa-siswa biasanya lebih tinggi daripada-anggota Uni Eropa.

Visa dan izin
Untuk masuk ke Belanda untuk tujuan studi, warga dari sebagian besar negara membutuhkan visa. Saat tiba di Belanda, izin tinggal sering diperlukan. Dalam beberapa kasus ijin kerja juga diperlukan. Visa masuk adalah stiker yang ditempatkan di paspor Kita di Kedutaan Besar Belanda atau konsulat di negara Kita sendiri (atau negara di mana Kita berada secara legal), tetapi harus diterapkan di awal perjalanan.

Untuk tinggal hingga tiga bulan, Anda mungkin perlu ‘visa kunjungan singkat’ tergantung pada kebangsaan Anda. Jika Anda akan tinggal selama lebih dari tiga bulan, Anda mungkin perlu ‘izin tinggal sementara’ Persyaratan ini tidak berlaku untuk warga negara Uni Eropa / EEA dan Swiss, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, Jepang, Vatican City, monaco atau Korea Selatan.

Dokumen yang dibutuhkan ketika mengajukan permohonan visa pelajar
Dalam hal apapun Anda akan perlu menunjukkan:

  • Sebuah paspor yang masih berlaku.
  • Sebuah surat atau dokumen lainnya dari institusi di Belanda menyatakan bahwa Anda atau akan terdaftar sebagai mahasiswa, atau bahwa Anda akan melakukan magang.
  • Bukti bahwa Anda bisa mendukung diri sendiri secara finansial.
  • Salinan permohonan izin kerja, jika berlaku.

Gelar Diploma internasional yang diperoleh di Belanda dengan pengalaman kerja asing akan menambah nilai resume Anda. Oleh karena itu, memilih untuk belajar di Eropa karena positif akan mempengaruhi masa depan Anda.

Universitas-universitas di Belanda memperbaiki sistem hukum kontrol kualitas. Dengan demikian, setiap studi dimaksud program untuk menawarkan standar kualitas tinggi. Untuk melengkapi semua ini adalah pengaturan alam yang eksotis dan tenang telah menarik beberapa wisatawan di seluruh dunia. Bagi Siswa, wisata sambil belajar pasti yang terbaik untuk lingkungan pendidikan sekitarnya. Jadi, apakah Anda siap untuk naik ke pesawat berikutnya ke Belanda, lebih baik Anda siapkan tiket Anda segera🙂.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s