KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#014 Belanda, Sang Perintis dan Secangkir Kopi

Leave a comment

Oleh Taufik Umar Prayoga

Apa yang ada dalam bayangan anda jika mendengar kata-kata; Terompa, Bunga Tulip, Kincir Angin, atau Van Persie? Tepat! Belanda. Tapi tahukah anda bahwa negara yang luasnya hanya 0,008% dari permukaan bumi ini adalah bangsa perintis, pelopor dan berpengaruhi bagi dunia?

Taufik 1

Dalam bidang seni rupa, belanda memiliki banyak pelukis tersohor dengan karya masterpiece yang fenomenal. Rembrandt Harmenszoon van Rijn (15 Juli 1606 – 4 Oktober 1669) adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan.
Rembrandt juga sering membuat karya-karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17). Pada masa keemasan kedua—Second Golden Age, Vincent van Gogh (1853-1890) hadir dengan karya-karya yang mengesankan , berpengaruh dan peletak dasar konsep modern The Tormented Artist yang terkenal itu.

Taufik 2

Pengaruh bangsa Belanda tidak hanya dalam bidang seni lukis, kemahiran dalam bidang seni arsitektur pun kita patut acungi jempol, bagaimana tidak, Belanda berhasil membentengi negaranya dari air laut sepanjang  17.000 KM, atau setara dengan panjang Tembok Besar China.  Adalah Jan Adriaanszoon Leeghwater (1575-1650) seorang  Insiyur Hidrolik yang menginspirasi pembangunan bendungan dan reklamasi dataran rendah negeri tulip itu. Di masa Hindia Belanda, Jalan Raya Pos—De Groet Postweg, yang membentang dari Anyer sampai Panarukan sepanjang 1000 km  adalah prestasi yang luar biasa pada zamannya. Karena itulah nama Daendels dan Jalan Raya Pos dikenal dan mendunia hingga kini.

Taufik 3

Sesaat kita coba mengintip budaya dan bagaimana bangsa Belanda menginspirasi dunia. Dimulai dari ekspansi ke berbagai penjuru dunia sedari abad ke enam belas, bangsa Belanda sudah membangun reputasi yang membuat bangsa ini unggul. Belanda membangun universitas pertama pada 1575. Kecintaan akan ilmu pengetahuan berdampak pada budaya masyarakatnya. Penduduk Belanda dikenal dengan sifat individualistis dan suka akan kebebasan, menjunjung tinggi toleransi dan open minded. Orang Belanda lebih senang memperdebatkan sebuah pertanyaan meski tanpa penyelesaian daripada menyelesaikan pertanyaan tanpa perdebatan, kondisi ini meyakinkan kita bahwa bangsa Belanda ‘doyan’ mengutarakan pendapat, kritis dan juga humanis, ini adalah kunci dari kesuksesan sebuah bangsa yang kini populer dengan sumbangan ilmu pengetahuannya di bidang nanoteknologi, energi terbarukan (renewable energy), kedokteran, perairan dan arsitektur.

Taufik 4

Selain bangsa yang suka dengan kebebasan, bangsa Belanda adalah bangsa yang memiliki tipikal pekerja keras, modernanisasi di berbagai bidang berdampak pada perekonomian Belanda, tercatat bahwa Amsterdam menjadi ‘Juara’ dan merupakan ibu kota keuangan dunia, ini dikarenakan iklim usaha yang menjadi favorit para investor, inovasi yang tak terhitung jumlahnya, asuransi dan sektor perbankan, juga yang paling penting adalah untuk pertama kalinya di dunia, warga perseorangan dapat berinvestasi di sebuah perusahaan tanpa harus menanggung kerugian.

Taufik 5

Makanya tidak heran orang Belanda dalam setahun menghabiskan sekitar 136 liter kopi, karena tingginya mobilitas dan rajin bekerja. Namun, tetap saja orang Belanda yang berpostur tinggi itu merendah dan memegang prinsip “Tidak Perlu membesar-besarkan diri” . Ok, minum kopi dan tidak tinggi hati!🙂

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s