KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#012 Belanda = Berlomba Jadi yang Terdepan

Leave a comment

Oleh Maya Kurniawati

Apa yang Anda pikirkan pertama kali saat mendengar tentang negara Belanda? Negara yang pernah menjajah Indonesia? Atau tim sepak bolanya yang kostumnya serba orange? Kincir angin? Tulip? Kalau Anda tanya saya, maka saya akan jawab Belanda itu adalah singkatan dari Berlomba Jadi yang Terdepan. Pasti Anda jadi bingung mengapa saya jawab begitu, kan? Atau Anda anggap saya terlalu memaksakan singkatan itu?

Tenang, singkatan itu muncul bukan tanpa alasan. Banyak bukti telah menunjukkan kalau Belanda adalah salah satu negara dengan penemuan-penemuan inovatif dan yang pertama di dunia. Singkatnya Belanda itu negara pionir. Orang-orang Belanda sepertinya punya mindset: tidak afdol kalau belum jadi yang pertama. Mungkin Anda masih belum percaya dengan koar-koar saya barusan yah. Oke, saya ambilkanbeberapa bukti kalau orang-orang Belanda itu adalah pionir dari banyak hal.
  1. Seorang ayah dan anak laki-lakinya yang berasal dari Belanda bernama Hans dan Zacharias Janssen adalah penemu dari mikroskop. Mikroskop pertama ini dibuat dari dua buah lensa kaca tunggal.
  2. Tahun 1676, Anton van Leeuweenhook adalah orang pertama yang mengobservasi bakteri. Leeweenhook menyebutnya pertama kali sebagai makhluk kecil, dan baru pada 1828 makhluk kecil itu diberi nama bakteri.
  3. Orang pertama yang menemukan proses respirasi dan fotosintesis tanaman adalah Jan Ingenhausz, yang pada tahun 1779 menganalisis bagaimana semua kehidupan di Bumi bergantung pada oksigen yang dihasilkan oleh tanaman.
  4. Orang Belanda jugalah yang menemukan teleskop untuk melihat benda besar dengan jarak yang sangat jauh. Orang Belanda ini adalah Hans Lippershey.
  5. Empat puluh lima tahun setelah Galileo Galilei menemukan cincin Saturnus pada 1610, seorang Belanda bernama Christian Huygens berhasil membedakan material pembuat cincin itu, yaitu debu dan es.
  6. Bangsa Belanda adalah yang pertama kali menemukan Australia pada 1606, ditandai dengan sebuah kapal bernama Duyfken dengan kaptennya yaitu William Jansz yang berhasil tiba di pantai Gulf of Carpentaria.
  7. Cornelius Drebbel adalah penemu Belanda yang menciptakan kapal selam pertama yang benar-benar bisa dinavigasi.
  8. Ginjal buatan ternyata adalah penemuan orang Belanda.
  9. Compact disk (CD) adalah penemuan sebuah perusahaan elektronik Belanda yaitu Philips. Philips juga merupakan penemu dari kaset audio dan video.
  10. Tahun 1950, pembalap rally Maurice Gatsonides menciptakan versi awal dari kamera yang sekarang dikenal sebagai road-rule enforcement camera yang digunakan untuk merekam kecepatan mobilnya saat latihan membalap.
 
Mikroskop Pertama
 
Hans Lippershey, Sang Penemu Teleskop
Kira-kira itu sedikit dari sekian banyak penemuan yang telah dihasilkan oleh orang-orang Belanda. Tentunya penemuan itu sudah cukup membuktikan bahwa orang-orang Belanda adalah pionir. Menjadi seorang pionir bukanlah hal yang tidak mungkin jika kita punya mental untuk selalu berlomba menjadi yang terdepan. Sebagai orang Indonesia bukan tidak mungkin juga untuk bisa menyaingi Belanda dan menjadi bangsa pionir. Perlu kreativitas, ada kemauan, berpikir kritis, dan yang terpenting ya itu tadi, berlomba jadi yang terdepan. Jadi, coba tanamkan mental Belanda ke benak Anda semua. Karena Indonesia tidak akan pernah menjadi pionir tanpa dukungan dan kontribusi Anda semua. Setuju?

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s