KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#009 Budaya Sepeda di Negeri Kincir Angin

Leave a comment

Oleh Yanthi  Andhita

Ingin aktivitas bersepeda membudaya? Mari kita belajar langsung dari Belanda.

tumblr_inline_ml6o0xr5SG1qz4rgp

Penduduk Belanda sebenarnya tidak jauh beda dengan penduduk negara maju lainnya. Kemakmuran rakyatnya terjamin, akses teknologi tersedia dan banyak dari mereka yang memiliki kendaraan bermotor.

Yang membedakan adalah, orang Belanda tidak menggunakan kendaraan bermotornya setiap kali mereka meninggalkan rumah.

Sebanyak 27% dari total perjalanan penduduk Belanda dilakukan dengan bersepeda. Persentase ini jauh lebih tinggi dibanding negara-negara maju lain seperti Denmark (18%), Jerman (12%), bahkan Amerika Serikat. Di AS, persentase perjalanan bersepeda masih sangat kecil – hanya 1% dari total perjalanan penduduk.

Lihat saja, setiap jalan di Belanda memiliki jalur sepeda, juga di samping setiap kanal, sungai, dan di atas kanal. Bahkan, ada jembatan dan terowongan khusus sepeda. Di Belanda juga ada pengendara sepeda motor, tapi hanya sepertiga dari mereka yang menaiki sepeda

tumblr_inline_ml6o3mUV1p1qz4rgp

Bersepeda memang telah menjadi budaya di negeri ini. Oleh karena itu, bersepeda tidak mengenal strata sosial. Siapapun bisa bersepeda tanpa harus merasa malu melakukannya. Bisa mahasiswa, dosen, guru besar, pekerja hingga perdana menteri bisa bersepeda. Karena ada jalur khusus bersepeda, maka orang juga tidak takut akan tersenggol mobil ketika melaju dengan kencang memakai sepeda. Kalau mereka mau berhenti untuk suatu urusan, ya berhenti saja. Ditaruh sepeda itu di situ. Makanya hampir setiap kantor atau toko pastilah terdapat sekumpulan sepeda yang ditinggalkan oleh pemiliknya. Ada yang memang disediakan parkir oleh Pemerintah dan ada juga yang hanya ditinggalkan begitu saja. Ada yang dikunci dan ada yang tidak. Jika sepeda itu dalam waktu lama tidak diambil oleh pemiliknya, maka dinas ketertiban akan mengambilnya dan kemudian di lelang. Juga banyak toko yang menjual sepeda bekas yang konon katanya adalah berasal dari barang lelangan tersebut.

Namun Belanda, negara yang dikenal sebagai negeri kincir angin ini tidak serta merta memiliki budaya bersepeda seperti saat ini. Kampanye bersepeda di Belanda sudah dimulai sejak tahun 1970-an. Sejak saat itu berbagai macam manfaat telah diperoleh dari sistem transportasi aktif ini baik dari sisi ekonomi, kesehatan, lingkungan dan komunitas. Bersepeda kini tidak hanya menjadi kebutuhan namun sudah menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat Belanda.

tumblr_inline_ml6o57yEom1qz4rgp

Satu hal yang barangkali bisa diasumsikan adalah sampai kapan budaya bersepeda ini akan terus berlangsung. Menilik infrastruktur yang disiapkan khusus oleh Pemerintah Belanda, maka saya berkeyakinan bahwa bersepeda akan tetap menjadi budaya, tradisi dan gaya hidup yang akan terus dipertahankan di negeri ini.

Tidak ada kata terlambat untuk membudayakan aktivitas bersepeda, seperti yang dapat kita pelajari dari Belanda. Mereka membutuhkan waktu sekitar 35 tahun untuk membangun sistem yang aman dan nyaman bagi pesepeda hingga seperti sekarang. Kapan Indonesia akan mulai belajar?🙂

Referensi

Images: randomly taken from google search

Central Bureau of Statistics, 2008. De mobiliteit van de Nederlandse bevolking in 2007. The Hague.
Compare Manuel Stoffers. ‘Cycling Cultures: Review Essay’. Transfers 1(2011)1, 147-154
Statistics published by the European Commission: J. Dekoster en U. Schollaert, Cycling. The Way Ahead for Towns and Cities (Luxemburg 1999), 19.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s