KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#007 Dutch Student, Pioneer of Indonesian Independence

Leave a comment

Oleh Adam Maulana Malik Ibrahim

Negeri kincir angin memang sangat lama menjajah bumi pertiwi. Dan kita tahu bahwa para mahasiswa Indonesia yang belajar di Belanda merupakan salah satu pelopor kemerdekaan Indonesia. Perhimpunan pelajar Indonesia di Belanda juga sudah di bentuk sejak 1922, jauh sebelum Indonesia merdeka. Mahasiswa Indonesia pada saat itu memang pergi meninggalkan tanah air. Disana mereka mencari ilmu dan terus menambah pengetahuan mereka. Lalu merekapun kembali ke Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Perjuangan generasi muda pada masa itu memang sangat menginspirasi. Namun, ironisnya semangat generasi muda saat ini kalah di bandingkan pada masa itu. Memang Indonesia telah merdeka. Tapi bukan berarti generasi muda saat ini harus kehilangan semangat-semangat kemerdekaan. Masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk Indonesia yang lebih baik. Saat ini sangat banyak pelajar Indonesia yang belajar keluar negeri termasuk ke Belanda. Bahkan jauh lebih banyak jika dibandingkan pada saat Bung Hatta menjadi mahasiswa. Namun kepergian mereka ke negeri seberang, tidak memberikan impact yang signifikan bagi kemajuan bangsa ini. Bahkan tak jarang para pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri, tidak kembali lagi ke negerinya sendiri. Mereka malah memilih untuk menetap diluar negeri, dengan berharap kehidupan yang lebih baik. Padahal Indonesia membutuhkan mereka. Butuh ilmu-ilmu mereka, pengalaman mereka untuk diterapkan di Indonesia, dan dibagikan kepada pemuda yang kurang beruntung untuk dapat mengenyam pendidikan disana. Yang katanya jauh lebih baik dibandingkan dengan pendidikan di Indonesia.

Perlu kesadaran para pemuda Indonesia yang belajar di luar negeri. Bahwa selesainya mereka menempuh pendidikan disana, itulah saat bagi mereka untuk membangun Indonesia. Mereka harus kembali ke Indonesia, dengan tidak mengharapkan jabatan, pekerjaan yang eksekutif dan sebagainya. Melainkan kembalinya mereka ke Indonesia, adalah untuk menerapkan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan. Dan menjadi pionir perubahan Indonesia yang lebih baik. Seperti para mahasiswa yang belajar di Belanda di tahun 1920an.

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s