KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#006 Ingin Menetap di Mars? Ini Tiketnya!

15 Comments

Oleh Jane Langking Rieuwpassa

Bumi, satu-satunya planet yang sekarang kita huni, semakin hari semakin sesak oleh milyaran manusia. Diperkirakan pada tahun 2050 penduduknya akan mencapai 10 milyar. Beberapa orang yang sudah bosan mendiami planet ini mungkin pernah terlintas dalam pikirannya untuk pindah ke planet lain dan memulai kehidupan yang baru. Namun apakah hal ini bisa terwujud? Memang belum ada manusia yang pernah pergi ke Mars. Akan tetapi beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan tentang planet merah ini menunjukkan beberapa titik terang, meskipun Mars tidak memiliki air dan oksigen yang mencukupi, serta lapisan atmosfer Mars juga tidak setebal di Bumi.

 

One way trip ticket to Mars!”

Begitulah kalimat yang Saya lihat saat membuka video Mars One Project di Youtube. Mars One adalah perusahaan non-profit di Belanda yang memiliki misi merintis permukiman manusia di Mars pada tahun 2023. Pada pertengahan 2013 ini mereka akan membuka pendaftaran bagi calon astronot di seluruh dunia yang bersedia meninggalkan kehidupannya di Bumi dan menetap di Mars.

We will send humans to Mars in 2023. They will live there the rest of their lives

Itulah mengapa penawaran ini disebut “One way trip ticket!”. Sejak tahun 2011 hingga saat ini Mars One juga sudah mengunjungi beberapa perusahaan antariksa besar dunia yang tertarik untuk mendukung misinya. Proyek ini memang sepenuhnya dikelola oleh swasta, tidak dicampuri oleh politik negara mana pun. Semua orang boleh bergabung asalkan sudah berumur 18 tahun dan memenuhi persyaratan. Selanjutnya orang-orang yang memenuhi kualifikasi akan dilatih selama 8 tahun. Empat orang astronot terbaik  akan dipilih menjadi tim pertama yang akan dikirimkan ke Mars tahun 2022, dan pada April 2023 diharapkan mereka akan mendarat di Mars.

 

Adalah Bas Lansdorp, lulusan University of Twente, pengusaha sekaligus CEO dari Mars One Team, seorang yang memiliki impian besar untuk menciptakan kehidupan manusia di Mars. Bas bersama Arno, serta timnya yang tergabung dalam Mars One berusaha keras untuk mewujudkan “ide gila”-nya. Sejak Maret 2011 mereka merumuskan visi dan misinya ke dalam langkah-langkah strategi dan mempersiapkan hal-hal teknis yang dibutuhkan dalam mempersiapkan pengiriman pionir manusia pertama di Mars.

Tahun 2016 akan diluncurkan satelit komunikasi , dan tahun 2018 robot rover akan diluncurkan juga untuk mencari lokasi terbaik untuk bermukim. dan pada tahun 2020 kapsul-kapsul tempat tinggal dan perlengkapan lainnya juga akan dikirimkan ke Mars” jelas Bas.

Tahun lalu Mars One sudah mendapatkan beberapa pihak swasta yang bersedia memberikan kontribusi untuk misi antar planet ini. Tentunya dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Saat diwawancarai Bas mengatakan proyek ini menghabiskan 6 milyar US$. Untuk itu Bas juga menggalang dana dengan membuat acara Reality Show semacam Big Brothers.

Ini sangat unik karena semua orang di planet ini pastinya tertarik untuk menonton. Jika ini berhasil, ini akan menjadi loncatan antariksa terbesar dalam sejarah manusia” ujar Bas optimis.

Profesor Doktor Gerard T. Hooft, peraih Nobel Fisika tahun 1999 dari Belanda juga ikut mendukung proyek ini dengan menjadi Official Ambassador of Mars One Project. Beliau mengatakan “ini memang sulit untuk berhasil tapi ini mungkin untuk diwujudkan”.

Tertarik untuk menjadi pionir di ruang angkasa? Ayo belajar dari orang Belanda!

Referensi

http://mars-one.com/en/about-mars-one/about-mars-one
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/04/mungkinkah-menciptakan-bumi-baru-di-mars
http://en.wikipedia.org/wiki/Bas_Lansdorp
http://www.youtube.com/watch?v=oywcck-2FrY
http://gizmodo.com/5974437/

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

15 thoughts on “#006 Ingin Menetap di Mars? Ini Tiketnya!

  1. waaah….tulisan saya sudah masuk! senangnya….🙂

    Oh iya, lupa mencantumkan sumbernya.

    Sumber artikel, web dan videonya :

    http://mars-one.com/en/about-mars-one/about-mars-one

    http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/04/mungkinkah-menciptakan-bumi-baru-di-mars

    http://en.wikipedia.org/wiki/Bas_Lansdorp

    http://gizmodo.com/5974437/

    sedangkan sumber gambar Saya ambil dari tech.co dan dari theselfhephipster.com

  2. Saya suka quote terakhirnya
    “Ini memang sulit untuk berhasil tapi ini mungkin untuk diwujudkan”
    Semangat ya Sang Penulis!

  3. Penulis menulis tulisan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan isinya juga informatif..

    Semoga sukses🙂

  4. terimakasih…😀 Iya…memang dasar orang Belanda, idenya ada-ada saja ya! Tapi kalau berhasil tercipta permukiman manusia di Mars, pastinya akan banyak orang-orang yang penasaran ingin tinggal disana, hehehe..🙂

  5. waaah….tulisan Saya sudah masuk di sini! senangnya….🙂

    Oh iya, lupa mencantumkan sumbernya.

    Sumber artikel, web dan videonya Saya baca dari sini :

    1. http://mars-one.com/en/about-mars-one/about-mars-one

    2. http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/04/mungkinkah-menciptakan-bumi-baru-di-mars

    3. http://en.wikipedia.org/wiki/Bas_Lansdorp

    4. http://gizmodo.com/5974437/

    sedangkan sumber gambar Saya ambil dari tech.co dan dari theselfhephipster.com

    silahkan googling lebih lanjut kalau ingin tahu lebih banyak tentang misi manusia ke planet Mars. Siapa tahu ada yang tertarik untuk ikut seleksi calon astronot, hehehe…🙂

  6. Waaah, jangan2 nanti kompetiblog2030 hadiahnya summer course ke planet Mars! wahahaha entah kenapa I’m too excited kalo beneran (walaupun agak mustahil sebenernya)😛

  7. Kesimpulan yang bisa gue ambil abis baca ini adalah: Jane, lo mau tinggal di Mars?? (oke gue tau komen ini gak mutu)

    • @nana Hahahaaahaha…iyaaa….tertarik sih, sayang juga ya dulu nggak terpikir jadi astronot. Kalo iya pasti udah siap-siap ikutan seleksi jadi volunteer tahun 2023….🙂

  8. really interesting info, not all of the people can think how to live outside our earth, can’t wait for the time happened

  9. menarik memang ide2nya org jenius ini,,,,, tapi kok seeerrreeemmm…. apalagi one way ticket

  10. Wow! Thanks for sharing, Jane! Nggak tahu ada ide ini sampai baca tulisanmu. And I’m curious to visit Mars x)

  11. Ga pernah tau klo Belanda punya perencanaan sampai sejauh ini dan tulisan ini sangat informatif,apalgi klo nantinya ada tulisan lanjutan mengenai keadaan sebenarnya di planet Mars.. Wow, spertinya akan ada banyak orang yang mau mencoba kesana, tpi boleh gak yah klo coba2 dulu hehehehehe..
    Thanx udah kasih info yang bagus lewat tulisan ini yah Jane..

  12. miracle project mars one possible–? congratulation ?

  13. support project ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s