KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#005 Safety First in Netherlands: Pelopor Sistem Jalan yang Nyaman

19 Comments

Oleh Hanida Syafriani

Bersepeda malam hari di kota Zwolle, Belanda, kita akan berdecak kagum. Penanda jalannya memancarkan cahaya kehijauan! Ya, di kota ini sedang diujicoba glow in the dark road marking. Ini buah pemikiran desainer asal Belanda Daan Roosegaarde, yang gelisah karena pemerintah berencana mematikan lampu di malam hari demi menghemat energi.

Bukan Belanda namanya kalau hanya membuat keputusan tanpa mencari solusi. Mematikan lampu di malam hari tentu akan merepotkan pengguna jalan, terutama pesepeda. Sementara, Belanda adalah salah satu negara dengan jumlah pesepeda terbanyak (18 juta sepeda), dan >35.000 km jalur sepeda. Namun pemerintah Belanda masih belum puas. Jumlah pesepeda ditargetkan meningkat 20% dalam 20 tahun mendatang. Disusunlahgreen road strategy. Misinya, jalanan bagi kendaraan roda dua harus sama amannya bagi roda empat.

Salah satu strateginya, glow in the dark road marking yang digagas Roosegaarde. Cat penanda jalan mengandung bubuk kristal yang ‘memanen’ dan menyimpan energi matahari di siang hari, dan memancarkan cahaya di malam hari hingga 10 jam. Simple yet innovative! Ini salah satu hal terkeren yang dipelopori Belanda. “Jalanan adalah soal keselamatan, dan bagaimana menghadapi dunia yang lebih mandiri dan interaktif,” ujar Roosegaarde.

glow in the dark road marking

Masyarakat juga harus aman bersepeda di segala cuaca. Maka digagas ide untuk menghangatkan jalur sepeda di musim dingin, yang melibatkan Gerhard Winters, ahli energi geotermal (panas bumi). Air tanah yang dipanaskan, dipompa dan didistribusikan melalui pipa-pipa plastik kecil ke permukaan jalan untuk menjaga temperatur jalan tetap hangat sehingga mencegah terbentuknya es atau lapisan salju.

Teknologi ini tidak murah: 20.000-40.000 euro/km. Tapi bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan akibat kecelakaan, jauh lebih murah. Bila jalur sepeda membeku selama lebih dari empat minggu, bisa terjadi 7.000 kecelakaan pada pesepeda. Dan bila orang tetap (dan bisa) bersepeda ketimbang bermobil selama musim dingin , maka penggunaan bahan bakar akan jauh lebih hemat; tentunya, menguntungkan secara ekonomi mau pun lingkungan. Kota Zutphen dan provinsi Utrecht mengajukan proposal untuk menginstal teknologi ini di sepanjang jalur sepeda.

sistem pemanas jalan

Jalan raya futuristik
Bagi pengendara roda empat, Belanda sedang menggarap jalan raya futuristik, yang akan diaplikasikan dan diujicoba pada pertengahan 2013. Selain glow in the dark road markings, masih ada ‘peralatan tempur’ lain. Misalnya dynamic paint; ketika suhu mencapai minus 0, sontak jalanan akan dimeriahkan ‘lukisan’ cahaya bermotif kepingan-kepingan salju, untuk memperingatkan para pengendara berhati-hati karena jalanan licin. Garis putus-putus pemisah jalur akan berubah menjadi garis penuh, yang berarti dilarang pindah jalur karena berbahaya.

dynamic paint

Interactive light akan memancarkan cahaya ketika kendaraan mendekat, dan kembali mati setelah kendaraan lewat. Masih ada wind-powered light, kicir angin kecil yang mengambil energi angin dari kendaraan yang lewat dan diubah menjadi cahaya.

interactive light

wind-powered light

Untuk mobil bertenaga listrik, akan disediakan jalur khusus untuk me-recharge. Belum diketahui dengan pasti teknologi yang digunakan; kemungkinan melibatkan penanaman kumparan induksi di bawah jalan.

jalur pengisi baterai

Menjadi pelopor dalam membangun jalan yang sedemikian nyaman bagi semua pengendara, apakah karena bangsa Belanda adalah yang terjenius? Setiap bangsa pasti dianugerahi kejeniusan oleh Sang Pencipta. Pembedanya, bangsa Belanda benar-benar memikirkan solusi dari tiap masalah demi kesejahteraan rakyatnya. Alih-alih menggunakan ilmu dan teknologi untuk membuat kekacauan, mereka menggunakannya untuk membuat kehidupan yang lebih baik.

Referensi

http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20942340
http://www.roadsafetygb.org.uk/news/2608.html
http://beta.fool.com/bamckenna/2012/12/17/glow-in-the-dark-smart-roads-netherlands-2013-indi/18775/
http://www.bikeradar.com/commuting/news/article/high-tech-dutch-roads-to-benefit-cyclists-36155/
http://news.discovery.com/human/roads-glowing-netherlands-121102.htm
http://www.trendsofthefuture.com/futuristik-highways-the-glow-in-the-dark-road-markings/
http://www.bbc.co.uk/news/world-europe-20041522

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

19 thoughts on “#005 Safety First in Netherlands: Pelopor Sistem Jalan yang Nyaman

  1. Wah…menarik banget artikelnya!🙂
    Belanda emang hebat!
    Selamat ya akhirnya menelurkan 1 tulisan😀 Ayo bikin 2 lagi :p

  2. makasi Ricky… haha iya nih, akhirnya berhasil nulis satu artikel. Semedi dulu buad bkin 2 artikel lagi :p wish me luck!! smg bisa mengikuti jejakmu dan Ella taun lalu😀

  3. keren ya, berharap semoga indonesia juga bisa membuat solusi dari setiap persoalan yang ada..

    • iya, keren banget. pola pikir mereka visioner; kok ya kepikiran aja bikin teknologi kayak begini. indonesia juga pasti bisa kok, syaratnya cuma: mau repot sedikit untuk mikir dan kompak nyari solusi😀

  4. Wah udah ngumpulin tulisan ya. Aku masih riset dan semedi dulu nih buat nelurin artikel. Sukses dan semoga menang ya🙂

  5. pas banget ya artikelnya sama kamu yg doyan sepedaan. nice post nida!🙂

  6. lah namanya jadi englishbreeze begitu. ini Dyah ya, hehee

    • nha..pantesan bertanya2, englishbreeze teh saha? :p ehe ember, artikelnya gw banget ya..sungguh ngerp d indonesia bkal ad jalur speda kyak gni. ayo dyaaah mana artikelmu??

  7. bentarrr. masih riset2 kusut nih. biar ngumpul dulu baru dikirim hehee

  8. wah menarik banget

  9. subhanalloh,,,
    artikelnya bagus BANGET !
    dan benar2 inspiratif, inovative, dan informatif.

    semoga NKRI bisa seperti mereka,
    Amien,,,

  10. hai fitri..makasi ya udah berkunjung..alhamdulillah kalo artikelnya bisa menginspirasi byk orang🙂
    aku sih optimis NKRI juga akan bisa spt Belanda, asal pemimpinnya serius mikirin negara, hehe. gabung yuk di Gerakan Kirim Buku (ada di fb dan twitter), slh satu usaha yg bisa kita lakukan utk “mencerdaskan” para pemimpin negeri ini *promosi

  11. Suka sekali dengan pemaparannya. Great article!🙂

  12. amiin..makasi yaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s