KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#004 Jari Ajaib

Leave a comment

Oleh Much Harun

Perkembangan gaget telah melampaui perkembangan teknologi lainnya. Kemudahan untuk melakukan sesuatu hanya dengan jari telah menjadi sebuah mimpi bagi banyak ilmuan di dunia ini.

Penemuan warga Belanda kelahiran Rusia Andre Konstantinovich Geim tentang material grafena (graphene) telah menjadikan mimpi itu menjadi dekat. Hal ini juga di teliti oleh banyak ilmuan sekarang bagaimana Grafena bisa digunakan untuk segala hal.

Lihat video ini:

Kita bisa lihat mimpi setiap orang sekarang, hanya dengan mengunakan Jari Tangan bisa melakukan banyak hal seperti untuk komunikasi, bisnis, jam dan lain sebagainya dan kita bisa sebut itu Jari Ajaib.

220px-Graphen

Penemuan ini akan memberikan pengaruh yang sangat luar biasa kepada dunia teknologi. Saat ini populasi teknologi gadget telah melampaui jumlah populasi manusia. Dengan demikian, perkiraan Bank Dunia yang tahun lalu memperkirakan jumlah gadget akan melampaui jumlah populasi manusia menjadi kenyataan di tahun 2013 ini.

Data yang dirilis oleh lembaga survey tahunan CTIA menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, jumlah ponsel saat ini sudah melampaui jumlah penduduknya. Jumlah pelanggan ponsel di AS sekarang mencapai 327,6 juta, sementara jumlah populasinyasecara keseluruhan hanya 315,5 juta penduduk.

Hal ini juga yang terjadi di Indonesia penggunaan gadget di Indonesia saat ini melebihi angka jumlah pendudukmencapai angka 240 juta unit. Hal ini disampaikan oleh kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy H. Tulung.

Di Inggris lebih gila lagi. Tercatat bahwa 1 dari 10 penduduknya memiliki lebih dari 4 ponsel. Dengan begitu, jumlah ponsel di Inggris diperkirakan mencapai 71 juta dengan 45 juta pengguna sedangkan di Indonesia sendiri, berdasarkan survey Nielsen, jumlah pengguna ponsel mencapai 125 juta orang dari 238 juta penduduk.

Untuk itu Grafena akan bisa menciptakan teknologi baru dan bisa menjadi nilai ekonomi yang tinggi. Belanda telah menelurkan karya yang menjadi awal jari ajaib itu datang. Kedepan orang akan lebih leluasa menggunakan grafine.

Grafine

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s