KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#003 X Nobelprijswinnaars

2 Comments

oleh Much Harun

Angka sepuluh (X) dalam berbagai  literatur sering di sebut sebagai angka kesempurnaan. Ya..angka yang menunjukkan perolehan warga belanda dalam penerimaan Nobel (Nobelprijswinnaars) dalam ilmu fisika.

Kehebatan Fisikawan belanda dimulai pada tahun 1902 atau tahun kedua pemberian nobel fisika ada. Pieter Zeeman dengan bangga mempersembahkan Efek Zeeman (yang diambil dari namanya) kepada dunia. Zeeman juga di anugrahi 10 doktor Honoris Causa di 10 Perguruan tinggi yang berbeda.  Dia bersama gurunya Hendrik Lorentz mendapatkan nobel untuk kategori fisika pada tahun 1902. Efek ini dapat mengukur garis spektrum beberapa gas mulia dan rhenium. Luar Biasa.

Selanjutnya ada Johannes Diderik van der Waals yang menerima Nobel Fisika pada tahun 1910. Dia mendapatkan Nobel atas karyanya persamaan gas cairan.

Terus siapa lagi ya….peraih nobel fisika dari Belanda lainnya?

Ya jawabanya adalah Heike Kamerlingh Onnes, pria kelahiran  di Groningen pada 21 September 1853 ini mendapatkan Nobel Fisika atas dedikasinya lebih dari 42 tahun di bidang Fisika dan menemuanya tentang Helium, yang membuka bidang baru fisika temperatur rendah dan memungkinkannya menemukan superkonduktivitas.

Ada juga penemu mikroskop fase kontras, alat yang memungkinkan studi truktur sel dalam tanpa perlu mencemari dan membunuhnya. Namanya Frits Zernike pemenang Hadiah Nobel Fisika pada 1953. Sekarang mikrosof telah digunakan untuk menganalisa sel dan sangat berguna bagi dunia kesehatan.

Nicolaas Bloembergen lahir di ahir di belanda pada 11 Maret 1920. Meski memiliki dua kewarganegaraan. Pria yang mendapatkan gelar Ph. D dari universitas Leiden ini dikenal dengan penemuannya Spektroskopi Laser.

Penemuan konsep pendinginan stokastik pada pertumbukan, yang memungkinkan penemuan partikel W dan Z pada benda tumbuk proton-antiproton 500 gigaelektronvoltCERN melalui kolaborasi eksperimental UA-1 yang dipimpin oleh Carlo Rubbia. Simon Van Der Meer yang merupakan fikikawan akseralator dengan Calro Rubbia mendapatkan Nobel pada tahun 1984.

Ada juga Profesor dari  dari Universitas Utrecht, Belanda  Gerardus “Gerard” ‘t Hooft. Ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika 1999 karena sumbangannya dalam menjelaskan “struktur kuantum interaksi elektrolemah dalam fisika”. Asteroid 9491 Thooft dinamai menurut namanya; ia bahkan telah menulis konstitusi bagi penduduk asteroid itu. Ia juga dianugerahi Medali Lorentz pada tahun 1986.

Selanjutnya adalah Martinus Yustinus Godefriedus  adalah salah satu penerima Penghargaan Nobel dalam Fisika tahun 1999  untuk penguraian struktur kuantum interaksi elektrolemah dalam fisika, yang dikerjakan diUniversitas Utrecht, Belanda. Universitas hebat yang akan saya kunjungi tahun 2013.

Video selanjutnya adalah peraih Nobel pada tahun 2010:

Andre Konstantinovich Geim  adalah seorang fisikawan warga negara Belanda yang mendapat Penghargaan Nobel Fisika tahun 2010 bersama Konstantin Novoselov untuk penemuan mereka di bidang material grafena (graphene).

Dan inilah foto para orang hebat dari Belanda:

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

2 thoughts on “#003 X Nobelprijswinnaars

  1. keren sekari orang Belanda. kapan Indonesia bisa nyusul ya?

  2. Secepatnya..semoga Indonesia bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s