KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#358 Belanda, Ekonomi Bebas Perintis Industri

Leave a comment

Oleh Suyanti

Dijaman era globalisasi ekonomi seperti saat ini, penerapan kesejahteraanmasyarkat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk kelangsungan hidup manusianyatapi juga jaminan pemberdayaan suatu Negara untuk explorasi taraf hidupmasyarakat. Terdapat banyak factor yang bisa menjamin kelangsungan hidupmasyarkat dalam suatu Negara, salah satunya adalah factor eknomoni termasukkebijaksaan pemerintah dalam hubungan dagang dan investasi baik dalam maupunluar negeri. Kebijakan ekonomi dalam suatu Negara baiknya tidak dibatasi dengankeadaan suatu tempat ataupun kondisi masyrakat disekitarnya, tapi bagaimanamemberdayakan keadaan tersebut untuk membuat suatu keadaan dimana manusia bisamemanfaatkan sumber daya disekitarnya dan mengembangkan diri demi mencapaitujuan hidup dengan progress yang lebih baik.

Demi mencapai tujuan tersebut beberapa Negara di dunia mulai menerapkan systemekonomi liberal sebagai acuan dalam pengembangan kebijakan nasional, salahsatunya adalah Belanda. Belanda tidak hanya dikenal karena system tatanan kotadan kebudayaannya yang sangat mendunia tapi juga karena penerapan systemekonomi liberalnya yang cukup berhasil membangun ekonomi Belanda ketaraf hiduptinggi.

Salah satu pabrik di Netherland

Belanda menganut system ekonomi liberal yang memberikan keleluasaan terhadap investasi.Produk utama negara ini berupa bahan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak,produk otomotif, listrik, dan elektronik. Walaupun wilayahnya sempit, namunBelanda mampu membangun industri makanan yang sangat maju. Selain itu Systempemikiran bebas inilah yang pada akhirnya membuat Belanda tidak pernahmengekang ide-ide kreatif dan inovatif dari orang-orangnya sehingga dengansendirinya mulai bermunculan industribaru yang membuatnya menjadi pioneer untukberbagai industry kreatif yang mendunia.

Sebagai salah satu perintis Negara ekonomi bebas Belanda menduduki urutan ketiga dalamdaftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Hal inisekaligus membuktikan bahwa industry di Negara Belanda sudah bisa bersaingdengan Negara-negara lain. Perusahaan-perusahaan multinasional asal Belandaantara lain Shell Oil (Perusahaan minyak) dan Philips (Perusahaan elektronik).Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka yang mana pemerintahan telahmengurangi peranannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an. Aktivitasekonomi utama di Belanda adalah termasuk pemrosesan makanan, bahan kimia,pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannyahanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampumenghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor.
Sebagai negara perintis Euro, Belanda menggantikan mata uang lamanya, gulden,pada 1 Januari 2002.

Kehidupan di Belanda serba cepat oleh sebabitu Belanda merupakan negara yang tingkat stresnya tinggi. Masyarakat Belandaadalah masyarakat yang senang bekerja. Sebagai Aupair maka seseorang akanbelajar apa artinya etos kerja & kerja secara efisien dan dengan rencana. Data november 2011 menyebutkan bahwaBelanda masuk dalam 10 negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapitasebesar $40,940. Pemerintah Belanda memainkan peran aktif dalam mempertahankanstandar hidup tinggi bagi warganya. Belanda adalah model kebijakan ekonomisosial liberal dan laissez-faire. Belanda memiliki ekonomi pasar bebas, yangdidukung kekuatan pasar penyulingan minyak bumi dan industri mesin listrik

Hal ini menginspirasi banyak pelajar dari seluruh dunia untuk belajar bisnis dankewirausahaan di belanda, salah satunya adalah perhimpunan pelajar Indonesia(PPI) yang berdomisili di Belanda. Dengan membentuk ‘IndonesiaBusiness Network-Netherland’, mereka mencoba menyelami semangat kerja dansystem persaingan eknonomi yang diterapkan di Belanda dengan harapan hal inibisa lebih mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwaBelanda bisa menjadi inspirasi dalam pengembangan sistem ekonomi yangmengarahkan kepada system industry dan ekonomi bebas yang berhasil.

Referensi

http://ppibelanda.org/berita/pelajar-indonesia-di-belanda-membentuk-indonesian-business-network-netherland

About these ads

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers