KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#295 Cinta Tinta Bangsa Belanda

9 Comments

Oleh Septania Wardah Zakiah

Pengumuman.. pengumuman!

Ada kabar bagus nih buat kamu-kamu yang seorang penulis, kerja di percetakan, maupun yang hobinya ngerjain tugas kuliah. Suka sebel ngga sih lagi ngerjain tugas yang deadline-nya besok pagi, eh pas mau diprint tintanya abis? Atau pas kantong lagi kering dan lagi ngurus skripsi tinta printer terasa cepet banget abis.

Bersyukurlah kalian wahai saudaraku..

Berkat keuletan dan kreativitas orang Belanda, sekarang ada teknologi tipografi mutakhir bernama, Ecofont.

Yap bener banget. Jenis font ini tetap sans-serif font. Tapi yang membuat Ecofont berbeda dari yang lain adalah coba perhatikan baik-baik.

 

Eits, walaupun bolong-bolong kalo font-nya 8-22 pt jadi tak kasat mata lhooo!

Jika diperhatikan dengan seksama terdapat lubang-lubang kecil di dalam setiap huruf. Lubang-lubang kecil ini fungsinya adalah untuk memangkas pemakaian tinta pada saat pencetakan. Sistem kerjanya hampir sama seperti shower yang ada di kamar mandi kita. Jika shower untuk menghemat air, berbeda dengan Ecofont yang fungsinya menghemat tinta.

Tahukah kamu?

Saking mahalnya tinta printer, dapat dikatakan bahwa ‘Printer Ink is The Other Black Gold’. 

Pada tahun 2003, majalah PC World melaporkan bahwa pada $22 per kuartal-ons, sebuah catridge inkjet warna merk Hewlett-Packard lebih mahal daripada kaviar Rusia impor.

Sedangkan menurut Eduardo Porter, seorang kolumnis ekonomi di The New York Times, satu galon tinta printer harganya sekitar $4.731, lebih mahal dari sampanye Krug antik tahun 1985.

Selain itu, tahun lalu majalah Wired membuat sebuah daftar bahan yang terkandung pada tinta printer: Reactive Red 23 dye, Direct Blue 199 dye, Acid Yellow 23 dye. Tau ngga sih? Acid Yellow 23 dye itu ternyata dapat memicu asma dan gatal-gatal. Makanya banyak artikel yang menyarankan Don’t try and take a taste ketika kamu mau print gambar lemon.

Nah, demi memberikan bukti nyata kepedulian terhadap lingkungan serta mencoba menangani kasus di atas, sebuah perusahaan marketing dari Belanda bernama SPRANQ menciptakan teknologi Ecofont pertama kali pada tahun 2009. Berkat kerjasama yang juga diadakan dengan Alumni Utrecht School of The Arts, Ecofont berhasil membantu mengurangi pemakaian tinta hingga 25%.

Kesuksesan dari teknologi ini tidak hanya sampai pada laris manisnya penjualan aplikasi dan software Ecofont di media online, melainkan sukses menyabet berbagai penghargaan, antara lain:

  1. 2012 | Amsterdam Sprout Challenger Award
  2. 2011 | Amsterdam Accenture Innovation Award
  3. 2010 | Madrid European Environmental Design Award

Bangsa Belanda, menggabungkan sejarah dan kebudayaan tradisional dengan inovasi, modernisasi dan orientasi internasional. Meskipun bangsa Belanda telah hidup dalam kemudahan dan kecanggihan teknologi, mereka tetap down to earth dan masih senang bersantai di bawah pohon dan taman kota.

Itulah sifat yang patut ditiru dari bangsa Belanda. Tak cepat puas dengan apa yang sudah ada di depan mata. Terus berkarya dan menjadi pelopor di antara bangsa lain. Tak heran ada ungkapan:

“God created the earth but the Dutch created Holland”

Referensi

http://ecofont.com/
http://www.newser.com/story/46109/green-font-cuts-ink-costs.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Ecofont
http://www.npr.org/2012/05/24/153634897/why-printer-ink-is-the-other-black-gold

Nuffic. 2010. Life and Study. Netherlands: Nuffic

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

9 thoughts on “#295 Cinta Tinta Bangsa Belanda

  1. Pingback: Finalis Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  2. Pingback: Pengumuman Pemenang Kompetiblog 2013 | KOMPETIBLOG 2013

  3. artikelnya sangat bagus, singkat namun berisi lagi menarik, benar-benar sangat Human interest, tak salah jika menjadi jawara…..

  4. okay…ternyata yang bagus dan menang itu format tulisannya seperti itu to?kalo gitu kalo aku nulis blog,ya…yang seperti itu.aku mau belajar nulis yg baik..thank you..danke..

  5. Wah, ini ya yang menang kompetiblog 2013. Selamat yaa…. Tulisannya memang bagus. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 99 other followers