KOMPETIBLOG 2013

Kompetisi Blog Neso Indonesia 2013

#266 Kota Anda Sering Banjir? Belajarlah dari Belanda Untuk Mengatasinya.!

Leave a comment

Oleh Nawwar Mubarak

Belanda. Apa yang ada di benak kita ketika mendengar tentang negeri ini? Bunga tulip? Kincir angin? Atau masa kelam penjajahan selama 3,5 abad? Semua itu sah-sah saja tapi taukah kita kalau negeri tersebut berada di daratan yang lebih rendah daripada laut? Bagaimana cara mereka mengatasi banjir walaupun daerah mereka lebih rendah dari laut? Mari kita membahasnya.
Belanda merupakan sebuah negara yang berada di benua Eropa bagian barat laut dan lebih dari 60% wilayah negara itu terletak di bawah permukaan laut. Oleh sebab itu belanda sering disebut-sebut sebagai kerajaan tanah rendah. Bahasa belandanya “Koninkrijk der Nederlanden”
Tapi yang unik dari negeri ini adalah, walaupun daratannya lebih rendah daripada lautnya namun mereka tetap dapat mengtasi banjir yang setiap saat dapat melanda mereka. Rahasianya adalah bendungan serta tanggul yang dibuat oleh Belanda. Bendungan yang pertama dibangun seribu tahun yang lalu adalah cara mengeringkan danau, membangun polder (tanah reklamasi), dan mengontrol ketinggian air. Bendungan ini dinamakan Afsluitdijk. Bendungan ini dibangun dikarenakan banjir besar yang melanda Belanda dan tak kunjung berhenti.
Pada 1920, dimulailah pembangunan dengan sistem menguras dan mengeringkan laut. Selain bendungan Belanda juga menggunakan kincir angin yang merupakan ikon dari negara tersebut untuk memompa air laut dengan tujuan mengeringkan daerah tersebut. Cara kerja kincir angin angin yaitudengan menggunakan roda besar yang digerakan kincir angin, sehingga roda besar itu memindahkan air dari sisi satu ke ke sisi lainnya. Dengan teknologi tersebut Belanda berhasil mengeringkan daerah perairan dan menjadikannya daratan. Hal tersebut terus terjadi ketika musim hujan sehinggah walaupun hujan daratan akan tetap kering karena air terus di pompa dari daratan menuju laut.
Di akhir abad sembilan belas, Belanda menggarap mega proyek Delta untuk mengeringkan Laut Selatan. Hasilnya, lautan seluas 6000 kilometer persegi di Belanda utara, ditutup dengan tanggul di tahun 1932, hingga terciptalah propinsi Flevoland tahun 1986. Awalnya banyak yang menganggap proyek ini mustahil. Tujuan pembangunan proyek ini adalah mencegah terulangnya bencana banjir pada tahun 1953 yang menwaskan 1835 orang. Bendungan sepanjang pantai Belanda dikerjakan dalam kurun waktu puluhan tahun dan kini Proyek Delta berdiri megah. Perjuangan melawan air, tidak berhenti hanya sampai di situ. Memiliki lahan 1-7 meter di bawah

   

     Gambar : Proyek Delta yang canggih
permukaan laut, menjadikan negara ini harus berjuang agar tidak tenggelam. Alhasil  Belanda membangun bendungan besar yang masuk dalam The Seven Wonders of Modern World. Ada kabar bahwa belakangan ini Belanda tengah mempersiapkan membangun pulau tulip mini di kota kecil Zeewolde yang rencananya direalisasikan tahun ini (2013).
 
Gambar : rencana pembangunan Pulau tulip
Jadi tanah yang rendah bukan alasan untuk membiarkan banjir terjadi. Belanda telah membuktikan pada dunia bahwa banjir dapat dicegah walaupun berada di tanah yang rendah. Kita sebaiknya belajar dari belanda agar bencana banjir yang rutin melanda sebagian daerah di bumi pertiwi dapat dicegah. Karena negeri tersebut merupakan pioneer teknologi anti banjir walau berada di tanah rendah.
Yang dibawah permukaan laut aja bisa nggak banjir, masa yang udah diatas permukaan laut masih tetap banjir?  :)
Referensi
About these ads

Author: Admin Kompetiblog

Kompetiblog merupakan kompetisi menulis blog tahunan yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia, lembaga non-profit yang didanai oleh pemerintah Belanda untuk menjadi perwakilan pendidikan tinggi Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 91 other followers